Bersiap Diri Untuk Kenaikan BBM 2012


Bersiap Diri Untuk Kenaikan BBM 2012

Sekelumitinfo Kenaikan Harga BBM Dunia menjadi dilema bagi Pemerintah Indonesia namun yang pasti kita harus bersiap diri dalam rangka menghadapi Kenaikan BBM 2012 ini demikian pula pemerintah nampaknya sudah bersiap diri melalui Kompensasi melalui BLT ataupun Subsidi Uang Transport.

Sebagimana kutipan sekelumitinfo berikut ini 

Bersiap diri untuk Kenaikan BBM 2012

Kepastian pemerintah untuk menaikkan harga BBM tersebut disampaikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, saat sidang kabinet, kemarin (22/2). “Harga BBM mau tidak mau mesti disesuaikan dengan kenaikan yang tepat, kenaikannya dalam nilai tertentu,” kata Presiden SBY tanpa menjelaskan lebih rinci pelaksanaan kenaikan harga BBM subsidi ini.

Pada saat bersamaan, pemerintah akan mulai mematok besaran subsidi BBM antara Rp 2.000-Rp 2.500 per liter, sehingga anggaran subsidi tetap kendati harga minyak naik turun. Taruh kata, harga bensin di pasar internasional setara Rp 8.500 per liter.

Jika subsidi dipatok Rp 2.000-Rp 2.500 per liter, harga BBM bersubsidi di level Rp 6.000-6.500 per liter. Artinya, jika sekarang harga bensin dan solar Rp 4.500 per liter, harganya bisa naik maksimal Rp 1.500 per liter.

Dalam jangka pendek, Destry menyarankan, daya beli masyarakat sudah pasti akan terpukul walau tak terlalu lama. Sebab, pemerintah sudah memberikan kompensasi berupa kenaikan gaji PNS, kenaikan upah tenaga kerja, dan ada bantuan tunai langsung. “Butuh waktu sekitar dua-tiga bulan untuk menyesuaikan dengan kenaikan harga BBM. Setelah itu, akan kembali normal,” ujar dia.

Rus’an Nasrudin, pengajar Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, melihat, dari kecenderungan selama 3-5 tahun terakhir, dampak kenaikan harga BBM secara bertahap atau langsung dalam jumlah besar, relatif sama. “Kebijakan ini akan melonggarkan bujet pemerintah,” ujarnya.  http://nasional.kontan.co.id/news/bersiap-harga-bbm-subsidi-naik-mulai-april/2012/02/23

Program BLT Ada Lagi

Pemerintah menyiapkan program semacam bantuan langsung tunai (BLT) kepada warga miskin jika kebijakan menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi jadi diterapkan.

“Maksud saya kalau kita harus menghadapi kenaikan BBM ini dan akibatnya kita harus memberikan bantuan kepada masyarakat kita utamanya masyarakat miskin ini,” ujar SBY dalam pembukaan rapat kabinet paripurna di kantor Presiden RI, Jl. Veteran, Jakarta Pusat, Rabu (22/2/2012).

Sumber dana penyaluran BLT akan diambil dari anggaran kementerian dan lembaga negara yang dikurangi. SBY meminta kementerian dan lembaga negara lainnya menghemat anggaran dengan menunda proyek yang tidak mendesak, dan menekan pengeluaran sekunder.

“Ini harus ada penyesuaian lembaga pusat dan daerah. Bukan hanya pemerintah tapi juga lembaga negara non pemerintah. Memang agak rumit sedikit tapi harus kita ambil karena kita memerlukan sumber untuk BLT,” kata SBY. http://nasional.inilah.com/read/detail/1833137/bakal-ada-lagi-program-blt

 

 

Tentang vido0311

Like,s Korean Love Indonesian News Update religius
Tulisan ini dipublikasikan di berita, info, News, Uncategorized dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Bersiap Diri Untuk Kenaikan BBM 2012

  1. Ping balik: Berita BBM makin.. | All In One SEMUA ADA DISINI

Komentar ditutup.