Aneka Demo Pro dan Kontra Kenaikan BBM 2012


Aneka Demo Pro dan Kontra Kenaikan BBM 2012

Sekelumitinfo Kebijakan Pemerintah Mengenai Kenaikan BBM (Bahan Bakar Minyak) yang terkait dengan Efek penyebab naiknya Harga BBM di pasar Dunia maupun efek sosial dan ekonomi terhadap perekonomian maupun stabilitas Keamanan di  Indonesia menuai banyak reaksi Pro maupun Kontra  baik itu dari kalangan Partai Politik, Pengamat Ekonomi, organisasi Massa maupun rakyat Jelata.

Berikut Sekelumitinfo mengumpulkan beberapa Kutipan mengenai Pro dan Kontra Kenaikan BBM.

Fraksi Demokrat Sebut Kenaikan BBM Permintaan Rakyat

Fraksi Partai Demokrat di Dewan Perwakilan Rakyat menyebut rencana pemerintah untuk menaikkan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi merupakan permintaan mayoritas masyarakat agar subsidi BBM tidak membebani anggaran negara.”Masyarakat sudah banyak menginginkan BBM bisa dinaikkan harganya. Kalau tidak kita naikkan maka beban APBN besar sehingga biaya pembangunan infrastruktur berkurang,” kata Ketua Fraksi Partai Demokrat (PD) Jafar Hafsah di Kompleks DPR, Jakarta, Rabu (29/2/2012). (sumber http://nasional.kompas.com/read/2012/02/29/18154513/Fraksi.Demokrat.Sebut.Kenaikan.BBM.Permintaan.Rakyat)

Raja Sapta : Hipmi Dukung Kenaikan BBM

Ketua Umum Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP HIPMI) Raja Sapta Oktohari mengatakan pihaknya mendukung rencana kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) namun harus diberikan kepastian waktu dan dilakukan sosialisasi terlebih dahulu.

“Sikap kami (Hipmi) yaitu apabila dibutuhkan penyesuaian jangan segan-segan dilakukan, kami mendukung penyesuaian BBM atau kenaikan BBM. Tapi bagi pengusaha butuh waktu untuk penyesuaian, tak bisa tiba-tiba besok naik,” kata Ketua BPP Hipmi Raja Sapra Oktori pada diskusi soal rencana kenaikan BBM di kantor DPP Partai Golkar, Jalan Anggrek Neli, Slipi, Jakarta, Senin.

Diskusi yang mengambil tema “Mendengar Aspirasi Rakyat Atas Rencana Kebijakan Pembatasan BBM Bersubsidi dan Kenaikan TTL pada 1 April 2012″ diselenggarakan ESDA DPP Partai Golkar bidang ESDA, kantor DPP Partai Golkar. (sumber :http://id.berita.yahoo.com/raja-sapta-hipmi-dukung-kenaikan-bbm-082214677.html)

Koalisi Setuju BBM Naik

Di luar PKS, hampir semua fraksi dari partai yang tergabung dalam koalisi mendukung. Mulai dari Fraksi Partai Demokrat, Fraksi Partai Golkar, Fraksi PAN, Fraksi PPP, maupun Fraksi PKB.
Berbeda dengan PKS, Fraksi Partai Demokrat bahkan yakin jika opsi kenaikan tersebut adalah justru pilihan yang dikehendaki publik. “Masyarakat sudah banyak yang menginginkan BBM bisa dinaikkan harganya, sebab kalau tidak dinaikkan, beban APBN besar, sehingga biaya pembangunan infrastruktur berkurang,” ujar Ketua Fraksi Partai Demokrat, Jafar Hafsah.
Senada, Fraksi Partai Golongan Karya memiliki pandangan untuk mendukung kenaikan harga BBM. Wakil Ketua DPR dari Fraksi Partai Golkar Priyo Budi Santoso menilai, pemerintah nampaknya sudah di posisi bulat untuk menaikkan BBM. Dalam bahasa lain, kenaikan BBM ini adalah untuk mengurangi sejumlah triliunan rupiah dana subsidi untuk dialokasikan di pos lain. “DPR bisa memahami karena keputusan mengurangi subsidi adalah keputusan yang tak terhindarkan, mengingat situasi harga minyak dunia,” ujar Priyo. (Sumber : http://radarcirebon.com/2012/03/01/koalisi-setuju-bbm-naik/)

PDIP Keukeuh Tolak Kenaikan BBM

Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR RI, Dewi Aryani, menegaskan kembali sikap fraksinya yang tetap ‘keukeuh’ menolak rencana pemerintah menaikkan harga BBM bersubsidi sebesar Rp1.500,00 per liter.

Dewi yang juga anggota Komisi VII DPR RI, Rabu (29/2), mengatakan bahwa subsidi adalah hak dasar rakyat yang dilindungi oleh konstitusi (UUD 1945), menurut dia, subsidi juga menjadi tolok ukur keberhasilan pemerintah dalam mengelola negara.

“Jika subsidi makin dikurangi terus, menjadi bukti Pemerintah gagal menjaga amanat rakyatnya,” kata wakil rakyat dari Daerah Pemilihan Jawa Tengah itu. (sumber :http://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/12/02/29/m04x0a-pdip-keukeuh-tolak-kenaikan-bbm)

Kenaikan BBM Langgar Konstitusi

Pakar Hukum Tata Negara, Irmanputra Sidin mengatakan rencana pemerintah untuk menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) dengan alasan karena harga pasar BBM dunia yang tinggi sehingga membebani APBN, melanggar konstitusi.

Segala hal yang menyangkut hajat hidup orang banyak adalah tanggung jawab pemerintah untuk menyediakannya kepada rakyat secara merata dengan harga yang terjangkau.

“Tentang kebijakan BBM berkaitan dengan pasal 33 UUD 45 yang berisi bumi air dan kekayaan alam yang terkandung didalamnya dikuasai negara dan digunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat .Ini jelas maksudnya dan tidak ada tawar menawar. Pemerintah wajib menyediakan hal-hal yang menguasai hajat hidup orang banyak mulai dari ketersediaan, harga dan distribusi. Jika ini tidak dilakukan maka pemerintah melanggar konsitutusi,” ujar Irman di Jakarta, Kamis.(Sumber:http://www.pikiran-rakyat.com/node/179017)

PKS Tolak Kenaikan BBM Bersubsidi

Sekretaris Jenderal Partai Keadilan Sejahtera, Anis Matta menegaskan PKS menolak usulan kebijakan kenaikan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi. Alasannya kata Anis, adalah bagaimana pemerintah mengelola beban anggaran.

“Sebenarnya masih bisa diatasi kalau pemerintah lebih antisipasi dua tahun lalu. Tapi mereka tidak mengantisipasinya pada dua tahun lalu,” kata Anis di DPR, Jakarta, Rabu (29/2). (Sumber :http://berita.liputan6.com/read/379711/pks-tolak-kenaikan-bbm-bersubsidi)

BEM Seluruh Indonesia Tolak Kenaikan BBM dan TDL

Rencana penghapusan subsidi dan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) serta tarif dasar listrik (TDL) ditentang oleh mahasiswa seluruh Indonesia.
Hal itu disampaikan melalui aksi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Seluruh Indonesia di Tugu Adipura, Bandar Lampung, Kamis (1-3), yang juga mengancam pencopotan Presiden dan Wakil Presiden RI jika tuntutan itu tidak dipenuhi. Koordinator Pusat BEM Seluruh Indonesia Ando yang ditemui di lokasi aksi mengatakan pihaknya mewakili mahasiswa se-Indonesia menolak rencana pemerintah mencabut subsidi BBM. Termasuk juga menuntut pemerintah untuk membatalkan rencana kenaikan harga BBM dan TDL sebelum ketok palu pada 1 April mendatang.
Menurutnya pemerintah dalam hal ini Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono dan Wakil Presiden, Boediono, selaku pemangku kebijakan harus bisa mengkondisikan kepentingan rakyat dibanding kepentingan lainnya.
Kenaikan harga BBM dinilai mahasiswa Universitas Padjajaran ini akan memiliki efek domino.
Sebab tidak hanya satu sektor yang terpengaruh akibat kenaikan BBM namun juga berimbas pada sektor lainnya. “Tanggungjawab pemimpin untuk mengkaji kebijakan yang penting. Jika BBM naik, maka SBY harus turun,” tegasnya.
Presiden BEM Unila Eko Primananda menambahkan subsidi BBM adalah strategi pemerintah yang secara normatif baik meski kondisi dilapangan tidak berjalan sesuai tujuan. (Sumber: http://lampungpost.com/home/pencarian-berita/120-bandar-lampung/26398-bem-seluruh-indonesia-tolak-kenaikan-bbm-dan-tdl-.html)

About these ads

Tentang vido0311

Like,s Korean Love Indonesian News Update religius
Tulisan ini dipublikasikan di berita, info, kiamat, News, Religus Tips, Uncategorized dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Aneka Demo Pro dan Kontra Kenaikan BBM 2012

  1. egy berkata:

    BBM naik ,yang kaya makin kaya yang miskin makin miskin yang korup makin banyak ,coba pikirkan kita yang hidup di tengah carut marut negeri ini, kenapa sih nazzarudin,gayus dan politikus busuk yang korup ga dieksekusi az biar pada kapok koruptornya, jika ini terus berlanjut tunggulah kehancuran INDONESIAAAA

  2. egy berkata:

    demi allah, tsunami akan segera melanda jAKARTA ,jika ini benar-benar tejadi allahu akbar,allahu akbar,allahu akbar,

Komentar ditutup.