Prediksi Inflasi dgn Kenaikan BBM 2012


Prediksi Inflasi dgn Kenaikan BBM 2012

Sekelumitinfo Kenaikan BBM (Bahan Bakar Minyak) tentunya akan sangat berpengaruh terhadap angka Inflasi.  Sejauhmanakah  dampak kenaikan BBM terhadap naik turunnya angka Inflasi??

Berikut adalah Prediksi Inflasi berkenaan dengan Kenaikan BBM 2012 ini ; Suryamin Kepala Badan Pusat Statistik mengungkapkan bahwa inflasi yang jinak sampai dengan Februari 2012 ini dapat bergerak liar.  Berikut adalah Kutipan dari media digital JPNN.com :

Menurut Suryamin, dalam periode awal tahun ini, komoditas pendorong utama inflasi masih didominasi oleh bahan pangan dan emas. Namun, jika harga BBM subsidi dinaikkan, maka factor BBM lah yang akan dominan. “Potensi naiknya inflasi tergantung besar kecilnya kenaikan harga BBM,” katanya.

Dia menyebut, jika misalnya harga BBM subsidi naik Rp 500 per liter menjadi Rp 5.000 per liter, maka potensi kenaikan inflasi langsung sebesar 0,31 persen dan inflasi tidak langsung sebesar 1,5 – 2 kali inflasi tidak langsungnya.

Karena itu, jika harga BBM subsidi dinaikkan Rp 1.500 per liter menjadi Rp 6.000 per liter, maka potensi tambahan inflasi langsung akan mencapai 0,93 persen dan inflasi tidak langsungnya. “Jadi, kalau BBM jadi Rp 6 ribu per liter, kira-kira tambahan inflasinya 2,5 – 5 persen,” jelasnya.

Sumber JPNN.Com

About these ads

Tentang vido0311

Like,s Korean Love Indonesian News Update religius
Tulisan ini dipublikasikan di berita, info, kiamat, News dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.