Aneka Photo Tawuran Bentrok Konflik Suku Lampung VS Bali di Lampung Selatan


Aneka Photo Tawuran Bentrok Konflik Suku Lampung VS Bali di Lampung Selatan

Berikut adal;ah aneka Photo Gambar Tawuran Bentrok Konflik Suku Bali VS Lampung di Kalianda Lampung Selatan yang sedang memanas.

Satu unit mobil dinas milik aparat kepolisian yang dibakar massa, saat kerusuhan lanjutan beberapa warga Desa di Kabupaten Lampung Selatan dengan warga Desa Balinuraga, Kecamatan Way Panji, Kabupaten Lampung Selatan, Senin (29-10). Sepanjang jalan menuju desa Balinuraga, warga setempat banyak menyediakan air minum. Akibat kerusuhan itu, beberapa warga Desa Balinuraga meninggal dunia, dan ratusan rumah dirusak dan dibakar massa. (Dok: Media Karya Lampung)

Massa yang melintasi jalan perkebunan, ladang dan persawahan. Jalan raya menuju Desa Balinuraga di blokade aparat keamanan, mereka berpencar menerobos areal perkebunan, ladang dan persawahan menuju Desa Balinuraga, Kecamatan Way Panji, Lampung Selatan. Tampak di depan asap mengepul, massa yang telah tiba terlebih dahulu di desa itu melakukan pengrusakan dan pembakaran. Tidak jauh dari jalan raya, diareal persawahan terdapat dua mayat bergelimpangan, diduga mayat tersebut warga Desa Balinuraga. Dalam kerusuhan bentrok antar Warga di Desa Balinuraga, Senin (29-10). (Foto: Dok MKL).

Dalam bentrok antar warga di Desa Balinuraga, Kecamatan Way Panji, Lampung Selatan Senin (29-10). Selain mengakibatkan korban jiwa diantara kedua belah pihak, juga ratusan rumah rusak dibakar. (MKL).

Sumber Gambar dan Teks : Facebook Media Karya Lampung

About these ads

Tentang vido0311

Like,s Korean Love Indonesian News Update religius
Tulisan ini dipublikasikan di berita, info, kiamat, News, Religus Tips dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

169 Balasan ke Aneka Photo Tawuran Bentrok Konflik Suku Lampung VS Bali di Lampung Selatan

  1. obbie berkata:

    hanya orang bodoh yang mau perang dengan saudara sendiri….. huuuuuu….. kampiungan..

  2. Jelema lampung berkata:

    Intinya kalau kita bisa menempatkan diri diperantauan, gak mungkin dibenci orang. Maka bercerminlah..

  3. AREMANIA berkata:

    SAYA ORANG JAWA, SAYA PUNYA BANYAK TEMAN DARI LAMPUNG, DIMANA2 KAUM LEMAH GAMPANG MARAH, DIJAWA TIDAK MUNGKIN TERJADI PERANG SUKU, TAPI PERANG ANTAR SUPORTER BOLA, ITU SUDAH BIASA, EROPA AMERIKA DAN TIMUR TENGAH LEBIH PARAH, HANYA SAJA KALIAN KURANG WAWASAN.

  4. jono berkata:

    masalhnya pasti cm karena kalah srcara ekonomi. yakin itu, cm ya pasti dibantah lah sm org lmpung, kan malu tak. lagian katanya yang mati duluan tuh org lampung yang nyerang, smntara org bali yang bisa di bunuh lampung cm aki-aki, org tua renta yang udah gak layak tarung..hehe

  5. Pilar berkata:

    Nice blog! Is your theme custom made or did you download it from
    somewhere? A theme like yours with a few simple tweeks
    would really make my blog jump out. Please let me know
    where you got your design. Thanks a lot

  6. Coba za klo ada orang bali dibanten
    wah bisa kami musnahkan syng yah ga ada yg brni orang bali dtng ke banten…
    Eman9 bnr ch crta kakek buyutqu
    ilmu kekebalan apapun klo udah masuk ke daerah banten psti akan hilang
    dan jika orang banten yg menebas orang2 berilmu kebal pasti akan jebol…

  7. Wong banten berkata:

    Coba aja klo ada orang bali dibanten
    udah pasti kami hancurkan dan akan kami bumi hanguskan
    bagi orang bali:jngn sok jagoan loh ini gua orang banten jngn skali2 kalian menyakiti sodara kami dilampung
    jika kalian msih ingin hidup damai…
    banten-lampung bagi saya adlh sodara jika kalian brbuat ulah lgi
    kami akan datang untuk membantai kalian smua
    orang banten siap mati
    orang banten tidak akan tkut pada ilmu leak bali
    kami disini bisa saja membunuh kalian smua dngn ilmu kedikjayaan banten
    jngn prnh sentuh orang lampung,jngn prnh kalian macam2
    dngn orang lampung
    jika kalian macam2…siap2 aja golok ciomas akan menebas kalian smua..
    Salam uwong banten lama.

  8. Refdi berkata:

    Sudah Lah gak usah di perpanjang, banyak komentar bahkan tambah runyam. Diam sajalah, toh ada pemerintah yang mendamaikan mereka yang bersengketa. Komentar kamu gak ada arti apa-apa, hanya ngabisi energi aja. Lebih baik kamu kerja dan kasih makan anak bini kamu biar sehat dan hidup layak. Thanks

  9. Abdi Negara berkata:

    Persaingan tidak harus memusnahkan yang lebih unggul. Yang lebih unggul bisa dijadikan pelajaran bagaimana cara mereka mencapai keunggulan. Orang Lampung, Jawa, Sunda, Palembang, Batak, Bali, Bugis, dllnya apa bedanya? Sama-sama keturunan Melayu yang masih mengembangkan diri dan masih sama2 minder kalau berhadapan dengan orang2 bule dari negara industri maju begitu juga minder pada orang2 dari keturunan mongul yang masuk ke dalam negara macan asia (Jepang, Korea Selatan, Taiwan, dan Singapura). Buktinya apa? Selama 67 tahun negara ini merdeka dan roda pemerintahan diwarnai oleh suku2 di atas hasilnya MEMBLE. Soal kecil saja, ngurus sepak bola saja kita tidak BECUS. Jadi apa artinya ini semua? Artinya INDONESIA dapat bersaing dan bisa maju dengan negara lain tidak melalui AGENDA KONFLIK HORISONTAL tetapi menumbuhkan rasa persatuan dalam berbangsa dan bernegara, serta meningkatkan, menggalakkan, membudayakan, dan menumbuhkan etos kerja keras dan kesetiawakawanan sosial semua suku2 bangsa di Indonesia. Tanpa itu semua sepuluh tahun ke depan INDONESIA hanya tinggal kenangan, karena satu persatu wilayahnya akan tergadaikan atau dikuasai negara maju.

  10. Punya otak berkata:

    Untuk orang yg membaca komentar ini

    Mari kembali pada diri kita sendiri dulu…

    Bisa?

  11. ayahafit berkata:

    apapun komentar2 kalian semua wahai saudaraku… tentunya dalam hati kalian hanya ada 1 tujuan.. “DAMAI”…siapa sih yang ga ingin hidup tenang???? yuk semua… yang telah berlalu…”tinggalkan, lupakan” karena akan mengorek luka kembali…. yuk sama2 kita berdoa agar di Lampung,sumatera, dan di seluruh negeri ini, diberikan “kedamaian” oleh Tuhan YME, tiada lagi perpecahan, perang saudara, perang antarsuku, dll…. aminnn……….

  12. i wayan suadnya berkata:

    orang2 transmigran yg ada dilampung ditempatkn dan dikasi tanah oleh pemerintah jdi mereka dh sah jdi penduduk lampung.sama sperti dibali penduduk pendatang dikasi tanah oleh raja2 bali dan dibawah naungan lindungan kerajaan seperti;kmpung muslim bugis di serangan,k m kepaon,k m dlod rurung,k m pegayaman,k m gianyar,k m klungkung,k m karangasem,k m buleleng,dan banyak lagi kampung muslim menyebar diseluruh plosok bali,apalagi di kabupten jembrana hampir sbagian penduduknya muslim.apalgi penduduk bali skng diserbu misionaris barat.penduduk bali tetap aja toleransinya tinggi. BALI UDAH BNYK MENERIMA PENDATANG…JDI AJAKLAH ORANG BALI DILUAR SANA

  13. Ping balik: Aneka Info Berita Terbaru Lampung :Bom di Lampung Timur | All In One SEMUANYA ADA DISINI

  14. Edy John Younghusband berkata:

    Menurutku yang dikatakan Putranto itu ngawur, gak mungkin orang Jawa ikut nyerang orang Bali. Kemaren aja Orang” Jawa di Desa Kusumodadi, Bekri, Lampung Tengah dihancurkan dan dibakar oleh suku Lampung… Jadi mau orang Jawa keq, Bugis kek kalau kurang ajar sama orang Lampung pasti dibinasakan… Orang Jawa disitu juga suka berperang enggak jelas dengan kampung lain… Jadi mesti hati-hati aja kalo ke Lampung, Mending naik Gajah Lampung aja…Aman

  15. Ping balik: Berita Tawuran Lampung Tengah (LAMTENG) | All In One SEMUANYA ADA DISINI

  16. andi kalianda berkata:

    kasus ini tak da kaitannya dgn kecemburuan sosial msalah eknomi.
    Kasus ini murni tentang harga diri pribumi.
    kami org lampung jg cinta damai bro..tp klo kami d’ganggu kami takkan tinggal diam,,mgkin sma dgn kalian semua apa lg yg mengganggu adlah wrga pendatang yg mau s0k berkuasa dan merasa paling jago se antero jagat.kami muak dgn org yg seperti itu.
    Kami sangat menghargai org2 pndatang d’wilayah kami selama mereka masih menghargai kami sbgai tuan rumah.

    Anda s0pan kami segan.
    Itu lah moto kami.

  17. purwanto berkata:

    saya CINTA INDONESIA..
    tapi saya LEBIH CINTA PERDAMAIAN..
    Salam perdamaian saudara ku..
    Semoga walau berbeda kita tetap satu..
    #Amin

  18. Vienhy berkata:

    semua akan indah pada waktunya,,,karena TYME tidak buta,,,DIA Maha Tau Segalanya…

  19. Putranto berkata:

    Yang komen disini ada gak yang tinggal di Lampung Selatan ??
    Kebanyakan yang komen disini orang luar gak ngerti permasalahan di Lampung Selatan

    Saya orang jawa yang tinggal di Lampung Selatan, kerusuhan kemarin bukan murni bentrok Suku Lampung vs Suku Bali tapi Gabungan desa-2 di Lamsel vs Desa Bali nuraga

    Kenapa Bali Nuraga ?
    Orang-2 desa Bali Nuraga suka buat rusuh di lamsel, kalo dilihat orang-2 Bali di Pulau Dewata yang ramah-2, sopan, rendah hati berbeda dengan orang Bali di Desa Bali Nuraga, kenapa saya bilang kerusuhan antar desa ? Karena di Lamsel ada desa bernama Bali Agung yang sampai sekarang masih aman-2 saja dan yang bentrok kemarin udah melibatkan suku-2 gabungan Lampung, Jawa, Sunda, Palembang, Jaseng, Semendo vs Bali Nuraga, suku-2 tersebut tinggal di sekitar Bali Nuraga

    Masalah pengusiran yang di usir hanya penduduk desa Bali Nuraga bukan Suku Bali di seluruh Lampung, kalo masalah ekonomi banyak orang Jawa & Sunda yang lebih berhasil dari orang bali di Lampung dan banyak juga suku Lampung Asli yang kaya-2, punya kebon kopi & lada yang sangat luas, harusnya kalo motifnya ekonomi pendatang jawa & sunda lah yang dihancurkan oleh penduduk asli lampung, hanya media bodoh yang memberitakan motif perekonomian

    Sekali lagi saya jelaskan rusuh kemarin bukan suku Lampung vs suku Bali tapi gabungan desa-2 di Lamsel dari berbagai macam suku (Lampung, Jawa, Sunda, Palembang, Jaseng) vs desa Bali Nuraga, kalo dibilang orang Lampung benci sama orang Bali, kenapa desa Bali Agung di lamsel tidak di bumi hanguskan sekalian, apalagi di Lampung Utara jumlah keturunan Bali lebih banyak lagi tapi tidak dibumi hanguskan, orang-2 di Lampung juga tidak ngawur tidak seperti rusuh di Kalimantan era 1999-2000 asal ketemu suku tertentu langsung tebas gak peduli laki, perempuan, tua, muda atau anak kecil

    Saya mohon untuk orang-2 yang tinggal di luar Lamsel jangan banyak ngomong kalo gak ngerti permasalahan disana, kalo anda ingin tahu bagaimana kelakuan orang desa Bali Nuraga silahkan datang ke lamsel tanya sama penduduk sana, bahkan orang Bali di luar desa Bali Nuraga juga sudah muak lihat prilaku orang-2 Bali Nuraga

    • vido0311 berkata:

      Nah ini info dari sumber langsungnya mas bro sekalian sebetulnya sudah ada info dari teman katanya sih orang Bali sendiri agak keder kalu masuk di Desa Balinuraga

      • Sanjaya Buway Subing berkata:

        keder gmn nih?? gmn klo perjanjian dalung kuripan kita buka lagi?? perjanjian antara lampung dengan banten…jika lampung di serang banten wajib bantu…dan jika banten diserang lampung wajib bantu….

    • ACO berkata:

      om sy ini orang bali keturunan sulawesi jadi ane nih blesterasn basul(bali-sulawesi) tp disulawesi sendiri orgnya mungkin lebih kasar ya dan keras jg tp tdk bgt kok…sebenarnya org desa bali nuraga itu sifatnya kayak apa sih om….?penasaran sy? soalnya klo boleh kita jelaskan ini om bali itu mirip pulau jawa,jd yg tgl dibali itu ada suku bali kasar dan halus ada bali yang mirip orang madura sifatnya, ada yg bali-mataram, bali-bima jd mcm2 nih om…..sy belum pernah ketemu sm org bali yg sifatnya jelek sekali kayak kata om…maaf nih om..sebenarnya kenpa sih kayak gitu org bali dlampung ya,,,sifatnya bs jd kyk preman tolong direply om????????????trus mslh pelecehan seksual itulah om,,kykx sy jd sedikit tersinggung nih,,setau sy org bali di sulawesi itu sopan gak kyk yg dijabarkan dimedia itu,soalx sy jg tw skli gmn prilaku org bali disulawesi,mlhan sering terjadi perkawinan silang keluarga saling gandeng,tapi yg dilampung ini kita jd rada2 gak mengerti ini om..bs dijelaskan lebih diteil gak om? slam kenal om. ACO from PALU.

      • vido0311 berkata:

        Kalau menurut info dari Lampung selatannya khabarnya orang Bali sendiri kadang agak Jengah dengan sikap arogan di desa Balinuraga

        • Sanjaya Buway Subing berkata:

          dari yang saya tau mereka itu betingkah…ga sama org lampung aja…tapi sama suku lain juga…apa lagi tu ketua pemuda nya atau mungkin juga dukunnya yang sombong dengan enaknya ngomong inl lho org bali…kesannya sok bnr…memang knp klo org bali?? pke ilmu hitam gt?? jebol juga akhirnya…hehehehe…..

      • Jhon Hery berkata:

        saya putra lampung asli yang tinggal di POSO-SULTENG, salam kenal pak ACO,,perlu saya beritahukan sama pak aco memang sudah dari dulu sering terjadi bentrok di lampung namun tidak sampai SARA,,,,hanya pemberitaan yang menganggap itu SARA,,,jadi jangan mudah terprovokasi,,,saya banyak memiliki teman, saudara bahkan ipar orang asli bali,,,tapi kami tidak pernah terpengaruh dengan kejadian yang memprovokasi seperti itu,,,jadi berpikirlah yang positif,,,,TIDAK ADA ORANG YANG TAKUT DENGAN ORANG LAIN, HANYA KEPADA SANG PENCIPTA KITA HARUS TAKUT, KARNA DIA YANG MAHA MEMILIKI KEKUASAAN ATAS SEGALANYA ,,,,saya rasa baik orang lampung, bali, jawa, sunda dan lainnya ada yang bersifat baik dan ada yang tidak,,karna sudah sifat, manusia ada sisi baik dan buruknya,,,, yang patut kita syukuri adalah bahwa kejadian dilampung tidak sampai terjadi seperti di POSO-SULTENG yang akhirnya merugikan semua pihak (Masyarakat)….terima kasih

    • Ksatria Baja Hitam berkata:

      Ha…Ha…Ha…., ternyata orang lampung itu pengecut ya, beraninya main keroyokan. Kalo kau betul-betul ksatria satu lawan satu dong.Itu baru lelaki sejati. Kalo tidak berani, mending potong burung kalian semua biar jadi cewek. Malu-malu in aja…….

    • anton berkata:

      sungguuh jawaban yang memuaskan mas bro
      smoga dengan kejadian ini tak ada balinuraga 2, 3 dan seterusnya
      smoga kita bs saling menghargai satu sama yg laen
      karena bangsa yg makmur adalah bangsa yang bs menghargai satu sama yg laen

    • ini komentar yg paling masuk akal …
      setuju …
      sumber ny lngsung orng lampung (y)_

  20. Ping balik: Aneka Info Hari Pahlawan 2012 | All In One SEMUANYA ADA DISINI

  21. Gede berkata:

    KAMI ORANG BALI TIDAK PERNAH MELIHAT MASALAH DENGAN EMOSI,
    DIMANA PUN KAMI BERADA SENANTISA MENJUNGJUNG NILAI KEMANUSIAAN,,,KAMI SELALU MENGHORMATI SESAMA ITULAH AJARAN KEYAKINAN KAMI DAN ITU TLAH TERBUKTI DENGAN TERJAGANYA KEDAMAIAN DI BALI YG DIPENUHI BERAGAM KEYAKINAN KINI,,,BAHKAN KAMI LEBIH MENGHARGAI MEREKA DISINI……
    HAL INI JUGA TERBUKTI SAAT PULAU KAMI DI NISTAI DGN BOM NTAH SAMPI BERAPA KALI,,,TAPI KAMI PASRAHAKAN SEMUA PADA YG DI ATAS ,,ITULAH KAMI,,,,TOLONG BUKA SEDIKIT HATI KALIAN <<<< KAMI MUAK DENGAN PERTIKAIAN YG SENANTIASA MENGHANTUI HIDUP KAMI……KALIAN BUKAN ANJING,,,,KALIAN MANUSIA,,,,PUNYA HATI, PIKIRAN , PERASAAN, ,,,,TOLONG RENUNGKAN BETAPA SEDIHNYA KELUARGA MEREKA YG KEHILANGAN,,,,,,

  22. aku cinta damai (aurora) berkata:

    salam perdamaian………
    bhieneka tunggal ika
    berbeda – beda tetapi satu jua..

  23. kadek meong berkata:

    yuk ne bersatu ganyang malaysia,, gw dh gatel akan penghinaan malaysia,,,
    jangan cuman berani perang di tanah air aja,, nglawan tetangga takut,, INDONESIA INDONESIA, susah bersatu,, malaysia hanya tersenyum,,

  24. Sabdapalon berkata:

    ayat quran 60:9 Sesungguhnya Allah hanya melarang kamu menjadikan sebagai kawanmu orang-orang yang memerangi kamu karena agama dan mengusir kamu dari negerimu dan membantu (orang lain) untuk mengusirmu. Dan barang siapa menjadikan mereka sebagai kawan, maka mereka itulah orang-orang yang lalim. (inti ayat: jangan berkawan dengan kafir)(buddha, hindu, kristen, katolik, dll boleh berkawan di antara mereka. Namun islam dengan ayat quran tidak membolehkan muslim untuk berkawan dengan kafir(non-muslim))

    • Sabdapalon berkata:

      “kamu” dalam ayat 60:9 adalah muhammad. (muhammad pernah diusir oleh suku quraish)

    • Sabdapalon berkata:

      Surat Al-Mumtahanah Ayat 1:

      Di awal Ayat, Allah menyeru: Wahai Orang-orang yang beriman! Janganlah engkau jadikan musuh-musuh-Ku dan musuh-musuhmu sebagai teman setia yang kamu sampaikan kepada mereka (berita-berita Muhammad), karena rasa kasih-sayang dan perhatian terhadap mereka.
      Dan di akhir Ayat tersebut, Allah memperjelas:

      Kamu berkawan secara sembunyi-sembunyi (memberitakan perihal Muhammad) kepada mereka (orang-orang kafir). Aku (Allah) Maha mengetahui apa-apa yang kamu sembunyikan dan yang kamu nyatakan. Dan barangsiapa diantara kamu (muslim) melakukan yang demikian, maka sungguh ia telah jauh tersesat dari jalan yang lurus.

    • arya berkata:

      saudaraku… apakah kamu yakin tuhan mengharapkan kita memelihara permusuhan? apakah toleransi antar umat beragama bisa berjalan jika kita menjalani perintah 60:9 itu?

      • antos berkata:

        Baca pendapat aco om, orang mentafsir kadang2 hanya dibarengi motivasi pribadi atau golongan, gue paling mengutuk permusuhan, ada anak-anak, ada nenek2, gimna sih perasaanmu saat anakmu mencarimu sedang dirimu sudah terbunuh saat perang, baca yang surat alkafirun, lakum dinukum waliyadin, untukmu agamamu dan untukku agamaku, jika mengutip pernyataan mentri sosial, dimana 1 desa diserang 10 desa maka kesalahan itu ada di satu desa, kepada umat balinuraga yg beda dgn bali2 aslinya sayangi saudaramu, anakmu,orang tuamu, jgn bikin onar lagi. Damailah saudara baliku …………..

    • ACO berkata:

      om ane boleh sanggah ayat ini om……ente salhhhhhhhhhh tafsir sekali om,,,,,lulusan pesantren mn om…….kafir dlam arti kata disini bukan menyangkut agama tapi kafir disini adalah kafir yg biadap tdk berprikemanusian yg penuh dengan nafsu birahi hwa nafsu..dahulukala kafir itu diartikan bagi org yg menjadi musuh nabi muhammad swt,bukan ke yg non-muslim jadi ente disini bs berpendapat tapi harus berfikir lebih dalam lagi om…….YAHUDI kenapa dimusuhi banget ama orang arab tapi bukan muslim…….ingat “bukan muslim” karna tdk ada ayat di AL-Quran menyebutkan kita harus manjauhi org YAHUDI gak ada kan kayak gitu tapi kita Harus menjauhkan org kafir itu karena dulu ada seorang bangsa bani israel(bukan agama YAHUDI)yg sangat membenci nabi Muhammmad SWT, trus pengikut muhammad yg fanatisme menjadikan ini sebagai bawaan turun temurun bahwa barang siapa yg memusuhi nabiku berarti dia juga musuhku..itulah jadi tafsiran mereka…padahal nabi telah meaafkan seorang yahudi tersebut. ingat pintar baca AL-Quran bukan berarti pintar menfsirkan karena sesuatu kitab suci dibuat sulit untuk dipahami karena itulah inti untuk mencapai sorga jlan yg dituju.thanks om…wassalmmmmmmmmmmmmmm.

    • joe berkata:

      biarpun kami kafir mas brow tetapi kami masih punya hati tidak seperti km yg sok baik tetapi km miskin moral, ane bertanya apa sih arti kafir yg km sebut2 seperti baik gtw???

  25. Joko berkata:

    Walau sya orang jawa namun tinggal di lampung, di tmpat sya bnyak berbagai suku, ada bali,lampung,sunda,jawa,batak dll. Namun kita hidup damai,saling membantu,

  26. susyanto berkata:

    bapak bapak tokoh masyarakat, tokoh agama cukup ,stop tawuran seperti ini, semua ini pasti ada provokasi… lihatlat dimedia kenapa banyak & serempak tawuran itu muncul disemua daerah

  27. ARI-SETIARI berkata:

    OM SWASTIASTU,
    WAHAI MAKHLUK TUHAN SAUDARAKU..BAIK YG HINDHU, ISLAM, KRISTEN DAN BUDHA..KALO KAU SADAR BAHWA HIDUP ADALAH KESEMPATAN YANG DIBERIKAN TUHAN UNTUK HIDUP DAMAI MAKA SADARLAH BETAPA INDAHNYA ARTI DAMAI ITU…..KALO KITA WUJUD NYATAKAN…..

    OM CANTI, CANTI, CANTI…OM..
    DAMAILAH DI HATI, DAMAI DI DUNIA, DAMAI JUGA KITA DI AKHIRAT
    SEMOGA YANG MEMBACA TERKETUK HATINYA

  28. Jon Rumble berkata:

    No comment. Saya hanya ingin tahu, bagaimana cara kita hidup damai ditengah keberagaman?
    Untuk org yg benar2 tahu, tolong kasi tau saya. Tx.

  29. naomi berkata:

    saya hanya mendapat berita dari kawan yang merantau di Lampung
    ujarnya, konflik itu dimulai ketika beberapa orang Bali membunuh dan memutilasi orang Lampung
    orang Lampung tidak terima dan melakukan perang ke orang Bali sebagai balas dendam
    tapi apapun motifnya, damai itu indah, alangkah baiknya kalau bisa bekerja sama memajukan Lampung
    kita juga saudara setanah air..

    • arya berkata:

      kalau bener membunuh,, membunuh karena apa.jangan nanggung gitu dong.

        • wanayasaliong berkata:

          hanya binatang yang membunuh bitatang jadi yang membunuh sesama manusia tidak lah lain adalah binatang….kamu tahu nda binatang…???
          Oh ya… Binatang adalah mahluk ciptaan tuhan yang bisa/gampang diajari, apalagi d profokasi menyerang temannya sendiri.
          apalagi kalau dia lapar karena daerah kekuasaan/tempat cari makanaannya di usik/dikuasai oleh temannya. yang kartena ras dan induknya berbeda…!!!
          ya mudah2han aja disana tidak seperti itu…
          karenanya kita harus menghargai sesama ciptaan tuhan..
          bukan ciptaan iblis….
          atau tuhan yang lainnya….
          karena tuhan hanya satu…
          bukan tuhanmu dan tuhan ku…
          Tapi tuhan kita semua….

  30. Mangku Gede Pasek Petang. berkata:

    Om swastiastu, Semeton bali sane megenah ring lampung, pemekas sane keni konplik,… titiang turut prihatin, tur sungkawa… mogi Ida Sang Hyang Widhi setata ngicen pemargi sane becik ke ajeng tur setata ngicen kerahajengan kapungkur wekasan,… sampunan surut pengerastii… Om Santhi santhi santhi.

  31. ngurah peduli sesama berkata:

    Apa salah sodara kami,,,???kenapa kalian bantai sodara2 kami disana dengan kejinya,,,,tidak adakah jalan hukum di sana???tidak kah kalian pecaya kepada tuhan,,,,ato punyakah kalian tuhan???,,,,banggakah kalian jadi manusia biadab,,,,, masyarakat baliku yg disana semoga titabahkan atas duka ini….rasa skit yg kita rasakan sekarang…akan mereka rasakan juga…bahkan lebih dari yg kita rasa skarang,,,,kami bali berduka ,menangis,tertatih,n trtindas,,,

  32. unik …!!! satu desa dikerubuti 25 desa..
    satu titik nilakah bisa merusak susu se belanga ???
    taukah arti …mana lawan .. mana kawan ??
    taukah arti … kebenaran dan pembenaran ??
    taukah arti mana provokasi dan bibit karbitan ???
    ya ..
    bermula dari .. titi, toto dan tata …
    titi .. perjalanan menuju sebuah wilayah yg disarankan pemerintah…
    toto .. mengembangkan kembali wilayah menjadi subur
    dan berguna
    tata .. menata situasi menjadi tentram dalam agama, suku dan ras..
    carilah .. kaedah munafik dan kamuflase..
    kelahiran akan menjadikan barak kardus..
    ya..
    barak kardus..
    sumpah serapah ..
    kulit memerah ,,
    sampah kunyuk dan tepian pasir…
    kenapa agama sebagai batasan hidup ??
    kenapa tidak kita bariskan pikiran baikmu ..
    pahami karma walaupun anda tidak tahu karma..
    suksma …

  33. saya anak rantauan di daerah sulawesi tengah, tepatnya di kab. morowali, saya orang bali, kami memang bisa dibilang makmur, yang dulunya kami makan talas, kini sudah bisa makan nasi beserta lauk,
    kecamburuan di daerah kai juga cukup besar, kami seperti dianggap kaum penjajah, kami di anggap musuh oleh orang” lokal, padahal kami tidak pernah membuat masalah malahan, kami yang mengalah, yang saya sesali, kenapa sapai terjadi pembantain seperti itu, coba kalian semua yang membaca ini renungkan, kami, suku bali, orang cinta damai, apa pernah kalian mendengar suku – suku pendatang di BALI dibantai?..

    jikalau kami ingin membalas dendam, berapa orang yang akan di bantai di BALI?
    tapi kami cinta DAMAI,…

    • ACO berkata:

      bli tiang jg org bali,,tapikan kita tw bali itu ada yg kasar n ada halus tapi sekasar apapun org bali tak pernah sampai berbuat duluan..intinya kt harus mawas diri dikampung org …….mathur suksma………….

  34. GUNGDE YOGA(BALI) berkata:

    Surat BALI, buat Bpk presiden.

    Om swastyastu

    Bpk presiden yg terhormat,
    Dari ujung utara-ujung selatan, dari pesisir barat – pesisir timur, rakyat BALI meradang & menangis melihat pembantai yg terjdi d lampung.

    Bpk presiden… dmn ltk rasa kemanusiaan & persatuan d negeri yg ktany menjungjung tinggi ke bhinekaan ini.

    Wahai bpk presiden.. kmi kaum minoritas sllu tertekan & terjepit, mulai dari
    teroris, bom bali, sampai pembantaian etnis. Kpda siapa kmi mengadu klo bpk cma suka kunjungan k luar negeri…

    Bpk presiden ku. Salahkah kalo nanti kami ganti rupiah dengan dolar, kami ganti burung garuda dngn ongkara, kami ganti pancasila dngan falsafah TRI KAYA PARISUDA.

    Bpk presiden kami capek dengan semua ini.. ingin rasa ny kami menjadi bagian dari negara AMERIKA/ AUSTRALIA, krn kami rasa mrka lbh bsa menerima kami.

    Bpk presiden, dlu kami bangga menjadi WNI tpi skrng sdh tdk lagi.

    Trimakasih bpk presiden…
    Krna ini mata kami mulai terbuka tentang arti sebuah TOLERANSI.
    Jika memang Bali NUMPANG di indonesia?
    Mengapa Bali masih menjadi tujuan wisata manca negara !
    Jika memang Bali menyembah batu kata anda?
    Mengaapa Bali selalu damai dan sejahtera !
    Apa sebenarnya salah Bali?mengaapa anda bom Bali sampai 2 KALI.
    Jika anda benci Bali,
    Mengapa pada saat libburan anda pergi ke BALI,

    Tapi,Tolong pikirkan,sudah benarkah anda?apa salah kami?

    Saudara2 anda disini makmur,tapi kenapa sauddara2 kami disana di siksa?

    Negara palestina berkonflik anda rela mati”an mndukung karena seiman,tapi dalam negerii anda tak hiraukan karena kami umat yg berbeda dan menjadi minoritas

    Seandainya ada kesalahan individu mengapa skampung yg mnjadi korban,,dibali orang luar bali kami hormati mreka salah kami tidak menghakimi,,apakah dimata anda ini tanda mulainya SARA dibedakan???

    BACA DAN DENGARKAN SUARA KAMI YG HANYA INGIN HIDUP DAMAI..!

    • org lampung berkata:

      Gungde yg terhormat :
      Sekira nya kita benar” tidak mendalami permasalahan yg terjadi lbh baik kita jng langsung mengintimidasi , anda menyebut wrga bali di hakimi di lampung (lampung : mencakup seluruh wilayah di lampung) .. Pdhl dlm kejadian nya itu hanya terjadi di wilayah lampung selatan.
      Sedangkan org” bali yg tinggal di wilayah lampung itu bnyk sekali dan menyebar di setiap daerah di lampung , tp nyata nya wrga bali & lampung di daerah” lampung lain baik” saja , rukun” saja .. Bahkan di kampung saya yg desa nya bali dan lampung bersebelahan nyata nya hidup rukun (desa gedung wani-lamtim), bahkan anak lampung dan anak bali bisa menikah .. Jd tidak semua yg anda pikirkan dan anda lontarkan itu benar.
      Menurut saya , warga yg bertikai itu (lampung vs bali) itu sama” warga yg memang tidak berfikir secara jernih baik bali maupun lampung.
      Jd kita tidak bisa mengintimidasi bahwa lampung atau bali kah yg salah??
      Ingat : konflik terjadi krna ada sebab nya , dan kita benar” harus mencari tahu dulu akar permasalahan nya , baru kita bisa berkomentar.
      Kami warga lampung sejak jaman kakek saya sudah hidup berdampingan dg suku lain dan
      semua baik” saja.
      Kejadian ini pun terjadi baru” ini setelah berpuluh” tahun suku” lain bertempat tinggal bersama kami dsni.

    • syaiful arifin berkata:

      dulu leluhurmu dan leluhurku bersatu dan berjuang menumpas penjajah demi NKRI tercinta ini,,,apa tega anda ingin menghancurkannya????saya ingin semuanya hanya dapat berjalan damai,,,ingatlah lambang dari NKRI merupakan lambang suci, burung garuda jga pernah menjadi tunggangan raja erlangga(titisan dewa wisnu), jga pernah menyelamatkan dewi sinta isteri dari Rama Wijaya (titisan dewa wisnu) saat diculik Rahwana… istilah Bhineka Tunggal Ika juga diambil dari kitab suci agama hindu karangan Mpu Tantular,,bendera Merah Putih jga diambil dari warna suci agama hindu,,apakah anda tega mengganti lambang dari NKRI dengan keluar dari wilayah NKRI yang tercinta ini

  35. Damailah saudaraku berkata:

    Sebuah bangsa besar yang memiliki cita-cita besar yang dulu dikagumi bangsa lain karena keramahan penduduknya dan toleransinya, keragaman budayanya, tapi selangkah demi selangkah mulai muncul ego-ego kedaerahan. Masihkah kita ingin menjadi Bangsa yang besar? yang sering kita nyanyikan” Indonesia Raya” ” BERHENTILAH BERKONFLIK, TAWURAN” kita wujudkan Indonesia Emas diatas PERSATUAN. Damai-damailah saudaraku…

  36. bukit kemunig berkata:

    heeeey, heeey, masyarakat lampung jadi lah masyarakat yang ramah, seperti masyarakat lain nya :D supaya di senangi dengan bnyak orang :P

    • sy warga jkt,aduh org lampung asyik banget, pas lg susah ia dtg membantu tanpa diminta. sdrkun org bali malah pelitnya lbh dr setan.nipu pinjem uangku ga bayar. malah fitnah. sdr2nya malah bela.

  37. hendro berkata:

    Saya sekarang tinggal di palembang, dahulu berdomisili di lampung, menurut saya, akar permasalahan adalah kecemburuan sosial…solusi menurut sy supaya tidak ada konflik antar etnis di lampung, adalah pemerintah memberdayakan masyarat lokal dalam pembangunan, meningkatkan kesejahteraan melalui pendidikan, dan ketrampilan kerja. Sehingga penduduk lokal tidak merasa terpinggirkan didaerah sendiri.

  38. yuli berkata:

    Faktor yang bisa mereka berbuat demikian karena kurangnya pendidikan…karena hanya orang bodohlah yang sering pakai otot dan tidak menggunakan otak dan kurangnya kasih dari pribadi masing2 kepada sesama lebih lagi kurangnya dalam beragama karena saya yakin setiap agama tidak ada membenarkan hal demikian bahkan kita di ajarkan untuk memaafkan orang yang bersalah kepada kita.dan hanya tuhan ja yang berhak menghakimi.dan ada hukum yang lebih berhak…

  39. Ping balik: Aneka Kesamaan Suku Bali dan Suku Lampung | All In One SEMUANYA ADA DISINI

  40. nengahsukadana berkata:

    Belajarlah hidup bertoleransi seperti yang terjadi di bali untuk hindari kekerasan biarkan aparat penegak hukum yang bertindak !

  41. hendra berkata:

    stop penyelesaian masalah dengan kekerasan! akar permasalahan konflik di daerah selalu ekonomi yang akhirnya mencuat menjadi kecemburuan sosial. Disinilah peran pemerintah yang gagal membangun kesejahteraan sosial bagi seluruh warga indonesia. Kegagalan para ulama menjadi agen perdamaian. kegagalan kita semua yang sudah hilang nurani dan gampang terprovokasi.

  42. hery sampoerna berkata:

    KITORANG SAMUA BASODARA

  43. RUDY KURNIAWAN berkata:

    kita sesama warga indonesia tidak boleh nama nya tauraan atau bentrokan ……
    tahan lahh emosii …..
    jngan sampe kekerasan …..
    ok :) |
    malu sama negara laiin ….
    apa kata negara lain kalo indonesia begini dikit2 tauran dikit2 bentrokan …. -_-
    kita warga indonesia saling menjaga nama indonesia :)
    INDONESIA SELALU DI HATI :) :)
    KITA SEMUA SAUDARA :)

  44. somadmufti berkata:

    Pokok persoalannya semua adalah kebodohan…kebodohan adalah sejahat jahatnya teman, ini semua tidak lepas dr mahalnya pendidikan di negara kita ini…karena kebodohan dr pemimpin2 kita yang tidak bisa membuat pendidikan itu terjangkau oleh seluru lapisan masyarakat, karena mereka sibuk dg urusan2 yg sifatnya bukan untuk kepentingan bangsa…

  45. aka berkata:

    salam cinta damai…
    Buat rekan’s semua yg saya hormati.apa yg terjadi di lampung selatan sesungguhnya hanya akibat dari oknum yg tidak bertanggung jawab.sehingga masyarakat disana saling bertikai..
    Stop dan hentikan propaganda atau statement yg justru membuat suasana makin tidak kondusif..
    Dan kerusuhan disana bukan karena unsur suku,atau agama.yg jelas PEMERINTAH daerah disana tidak peka terhadap permasalahan.
    Mari kita bersama – sama untuk saling mengingatkan betapa indah nya kedamaian,kekeluargaan.

  46. Xarel berkata:

    semuanya terjadi karena KARMA. dalam kehidupan sebelumnya orang-orang yang terbunuh tersebut melakukan pembunuhan atau aksi massa. sehingga pada saat hidup sekarang ini menerima balasan.
    Smuanya harus mawas diri, SETIAP YANG MENANAM AKAN MEMANEN.

  47. iwan berkata:

    Menurut saya konflik etnis seperti di Lampung Selatan muaranya sesungguhnya biasanya karena kecemburuan terutama di bidang ekonomi. Sebagai kelompok pendatang di tempat asing di awal kedatangannya mereka akan lebih giat bekerja (saya tidak katakan penduduk lokal pemalas) dan membentuk jaringan yang kuat di antara mereka. Lama-lama mereka makmur bahkan lebih makmur dibanding penduduk lokal. Pada tahap inilah konflik2 mulai terjadi, mulai ada penyerobotan lahan, hal kecil bisa memicu konflik besar dll. Pola seperti ini hampir terjadi di daerah-daerah yang dulunya merupakan areal transmigrasi. Pemerintah seharusnya juga memberdayakan penduduk lokal sehingga ketika pendatang makin makmur jurang pemisahnya tidak terlalu lebar

  48. puisianaksd berkata:

    Sebenarnya masalah dimana-mana kalau pendatang pasti selalu dianaktirikan, selalu dianggap salah meski benar, harus mengalah meski harus diinjak-injak karena korbannya saudara saya yang tanahnya tahu-tahu diminta tanpa alasan gak jelas. Makanya bro mari jaga persatuan dan kesatuan meski kita merasa muslim tak ada artinya beragama islam kalau sifatnya gak seperti Rasulullah SAW. Di samping itu untuk apa menguatkan ego karena suatu saatnya pasti ada balasannya !!!

  49. adhi berkata:

    biarkan diluar sana dan bukan di Negeri kita sendiri ada pembantaian yang menyangkut agama atau ras, disini adalah Indonesia, kita memiliki Bhineka Tunggal Ika yang artinya berbeda beda tetapi tetap satu, Indonesia tidak hanya hidup 1 agama tetapi berbagai agama,biar agama kita berbeda tapi hati kita masih untuk negara Indonesia, kita hidup saling berdampingan,ayo tunjukan kita itu masyarakat yang murah senyum dan ramah, misalnya bila terjadi pembunuhan dan korbannya orang Islam, Hindu, Budha, maupun Kristen,tangkaplah pelaku yang membunuh itu dan bawa ke polisi, kita masih punya pihak Polisi, kita punya hukum kita punya UUD, jangan menyerang wilayah orang yang membunuh itu,kan disana masih banyak masyarakat yang tidak tau apa masalahnya….apa mau negara kita disebut NEGARA yang tidak punya PERSATUAN, mau dibawa kemana BHINEKA TUNGGAL IKA kita.. marilah kita saling berjabat tangan untuk INDONESIA KITA,

  50. doni purnama berkata:

    Ingatlah sumpah pemuda, kasihan pak BUDI UTOMO yang sudah berjuang keras demi bangsanya, kasihan para pejuang yang sudah membela negara saat melawan belanda, klo kalian mau menyerang mending pake acara, ketua lawan ketua, biar lebih terhormat, lagian buat apa kalian saling menyerang, kan bisa dibicarakan secara musyawarah. HMMM… pantas saja dlu belanda gampang mengadu dombakan kita, kita tanpa di adu dombakan juga sudah mengadu dombakan sendiri, hmhmhm

  51. semadi berkata:

    apapun alasannya, dalam ajaran agama apapun membunuh sesama itu tidak dibenarkan. Jangankan membunuh sesama. Membunuh binatang saja tanpa alasan yang jelas itu sudah melanggar norma agama. Jadi stop kekerasan dan saling bunuh. Jangan membawa nama agama. Yang ada di dunia ini adalah agama damai. Damailah Bangsaku, Makmurlah Negeriku….Indonesia!!!

    • vido0311 berkata:

      Se…7 Jangan Bawa SARA

    • arya berkata:

      ada yang bisa bantu ga.. didaerah kami, disebuah kelurahan dibali kami menjadi minoritas. kami ingin mengakhiri kebisingan dari pengeras suara tempat ibadah kaum pendatang. bahkan suara anak anak belajar baca tulisan asingpun dimasuki ke pengeras suara yang super keras. seperti tidak peduli bahwa itu menganggu warga, terutama penduduk asli. kami mau memohon tapi takutnya dianggap sara. makasi

  52. Damailah saudaraku berkata:

    REBUT BALUNG TANPO ISI, Memperebutkan sesuatu yang tak jelas, yang kalah dan yang menang tak dapat apa-apa, yang ada hanya duka, kepedihan dan catatan menyedihkan. Damailah…damailah saudaraku

  53. karmaphala berkata:

    wah..wah…sekarang maennya kelompok/kampung/ras/….emmhhhhhh
    kl emank namanya jantan naik deh ke atas arena…
    yang punya masalah itu aja deh yg 1 vs 1… kalian sadar ga sii di adudomba…!!!
    yg buat kalian rusuh itu yang ketawa melihat ke2 belah pihak saling bunuh2an…

    Kl emank itu masalah kecemburuan sosial bersaing secara sehat…masih banyak cara..tuk hidup…!!!

    YANG DIBALIK LAYAR….PUAS LOOO jadi manusia…!! aq sumpahin lu…punya keturunan ga akan ada namanya bener kamu punya anak…!!!!

    • sunan berkata:

      kecemburuan sosial itu terlalu kentara di daerah2 seperti multi etnis., apalagi daerah transmigran. Orang kerja dan bisa sukses lantas diperguncingkan kemudian dipinggirkian. Akhirnya antar anggota bangsa sendiri saling musuhi. Kenapa anda tidak memusuhi orang yang telah membunuhi tki-mu, atau mereka yang menjual kaummu diluar sana? Oh Ya, mungkin karena anda satu keyakinan dengan pembunuh2 TKI, penjual tkw-mu

  54. Zakii Aydia berkata:

    Mas vidoo nitip link yah :)
    Buat orang-orang yang berbicara agama sebagai alasan terjadinya konflik di lampung selatan,

    http://zakiiaydia.com/2012/10/31/konflik-lampung-selatan-jalan-panjang-persatuan/

  55. kepakisan berkata:

    bagaimana jalan keluar dari masalah ini ,,,

    • vido0311 berkata:

      Nah ini yang perlu di Cari Solusinya Teman kita punya analisa singkat di http://zakiiaydia.com/2012/10/31/konflik-lampung-selatan-jalan-panjang-persatuan/

    • Damailah saudaraku berkata:

      Solusinya belajar dari kejadian konflik diwilayah lain, ya musyawarah dan lagi-lagi demi kedamaian , tanyakan sama warga lampung selatan maunya apa kalau minta di pindahkan “pendatang” turuti, saya yakin akan damai, maaf bukan mengecilkan pendatang (saya juga perantau atau pendatang) legowo mengalah bukan berarti kalah. Dan ini memang menjadi hal yang tidak patut diterapkan disebuah bangsa yang bersemboyan bhineka tunggal ika, tapi apa mau dikata…memang sudah menjadi gejala di semua wilayah munculnya isu-isu putra daerah + Otonomi daerah yang “maaf kadang menyebabkan persaingan berujung konflik”

  56. Damailah saudaraku berkata:

    Kondisi sekarang memang sungguh memprihatinkan, orang lebih kearah teori toleransi-toleransi tapi penerapannya kadang sudah multi tafsir, sebenarnya toleransi itu tidak melihat pendatang atau masyarakat asli semua berjalan saling menghargai secara seimbang tidak ada yang merasa aku, kalo sekarang kebanyakan toleransi bunyinya pendatang hargai warga setempat, dengan istilah dimana bumi dipijak disitu langit di junjung apakah benar ? silahkan tafsirkan!

  57. Damailah Bangsaku Indonesia berkata:

    Kerusuhan ini merupakan Kado Pahit semangat Sumpah Pemuda.. Menunjukkan bahwa rasa nasionalisme sudah sangat luntur.. Wahai Pemuda/i bangsaku Indonesia kita semua bersaudara.. isilah Kemerdekaan ini dalam Damai.. tidak sadarkah kalian wahai pemuda/i bangsa, bahwa saat ini kita semua sedang dijajah oleh kebodohan.. sehingga dengan mudah membenci saudara setanah air.. disinilah Bangsamu.. Disinilah Tanah airmu..Tanah tumpah darahmu.. Disinilah kalian dilahirkan, besar dan Hidup.. di Negara Indonesia.. bukan di Amerika, Bukan di Arab, bukan di inggris maupun di bagian bumi manapun.. Manusia pada dasarnya saling Mencintai, saling mengasihi, selalu menginginkan keDamaian.. Apakah kalian masih manusia???? bukalah selalu hatimu.. hiduplah selalu dalam kasih.. salam CInta.. kalian semua adalah saudaraku..

  58. DONI2012 berkata:

    Maaf sebelum nya, saya cuman mau komentar satu hal Hukum tidak tegas, yang mana masyarakat sudah tidak percaya lagi dengan hukum. jadi harus bertindak sendiri. dan bagi warga pendatang di manapun anda berada..? yang harus dijunjung dan paling penting untuk di pahami dan di laksanakan adalah :

    1. Peraturan dan Hukum Adat
    2. Peraturan dan Hukum Agama
    3. Peraturan dan Hukum Negara,

    bila 3 hal ini di pahami maka di manapun kita berada akan selamat.

  59. dodi yudiana berkata:

    Setelah kerusuhan terjadi, apa yang kalian dapat? Puas dengan menyakiti satu sama lain? Puas dengan apa yang kalian lakukan?
    Saya orang bali dan agama hindu, saya miris melihat 2 kelompok yg bertikai.. Mau sara, mau desa, mau agama, yang jelas dua2nya kampungan.. Malu tuh ama bebek, bebek yang ga sekolah aja ga pernah ribut, eloe2 pada yang skolah tinggi2 pake ribut n bunuh2an.. Apa kata generasi muda kita? Anak sd diajrin bhineka tunggal ika, tapi di tv rusuh mulu.. Bingung ama orang2 jaman skarang, doyannya main fisik.. Ga puas kalo lawannya ga menderita.. Kl tawuran, cepet toleransinya.. Bantu kut tawuran walau ga tau masalah.. Coba kalo gotong royong atau bersih2 lingkungan, semua kaburr…..

  60. Sabdapalon berkata:

    islam vs hindu ->islam yg dizolimi. islam vs buddha ->islam juga yg dizolimi. islam vs kristen ->lagi2 islam yg dizolimi. islam vs katolik ->pokoknya islam yg dizolimi. wah apalagi kalo islam vs yahudi ->ini udah disebut di quran. ketika ada ayat “perangilah yg tidak beragama islam …. Qs at taubah 29″, ini islam yg menzalimi atau yg dizalimi nih ???

    • made berkata:

      Jangan di perkeruh mas dengan unsur sara, mas sabdpalon dah melebar jauh ni…. ini bukan sara,… ini cemburu sosial yg di propokasi…. cari solusi penyelesaianya mas…..

    • arya berkata:

      sepertinaya anda tidak pernah baca sejarah agama agama dunia versi penulis yang netral. bukan versi agama islam atau salah satu agama. coba anda baca, siapa/agama apa yang dibantai oleh dua agama yang berbeda di india? berapa kuil yang dihancurkan atas nama ayat/agama?? tolong baca saudaraku. agar bijak berkomentar

    • emi berkata:

      pak hati” kalo nyinggung soal SARA…. kalo semua org bicara kyk bpk Indonesia mngkin tinggal nama

    • wanayasaliong berkata:

      kalu kamu bukan tuhan jangn komen…kalau kamu tudak tahu agama turun d dunia untuk apa..sebaiknya diam dan banyak berdoa…apakah kamu benar atau salah… dan apabila kamu ketemu tuhan katakan….hancurkan yang kamu tidak senangi….mungkin sebaliknya tuhan akan menghancurkan mulut besarmu….

    • wanayasaliong berkata:

      kalau kamu bukan tuhan jangan berkata tidak2….jaga hati….jaga pikiran….jaga mulut…..
      karena Agama tigak ada Vs (versinya kamu)…banyak berdoa kamunya….karena belum tentu kamu menulis itu kamu masuk surga…dan juga saya tidak mungkin saya masuk neraka….

  61. dion berkata:

    saya berdoa agar orang balinuraga sehat dan dilindungi tuhan semoga orang yg melakukan tindakan penyerangan sampe pembunuhan tdk selamat sampe akherat,,,,it kan berawal dr kesalah pahaman knp mnjadi anarkis,,,,,dmana sikap kekeluargaan’n orng pribumi,,,,???

  62. parmandanlia berkata:

    ini salah satu ciri ciri kiamat,perang terjadi di mana mana,yang penting urusin agama kita masing2.stop diskriminasi..

  63. adi berkata:

    dan yang pasti selalu ingat di mana bumi dipijak di situ langit dijunjung. kami masyarakat lampung terbuka terhadap pendatang, buktinya bgtu banyaknya perkampungan bali di lampung, namun hormati kami sebagai tuan rumah, kami takan mengganggu bila kami tak diganggu

  64. adi berkata:

    seharusnya jgan menilai tanpa tau dulu yg sebenarnya, ini bukan masalah agama dan suku, karena di dalamnya terdapat semua suku yg terlibat, hanya karena masalah antar desa, jadi jgan bawa nama suku atau agama

    • made berkata:

      mas adi ini bukan antar desa, ini masalah pribadi yg dipropokasi, imbasnya jadi antar desa… ngerti gak kronologi nya..??? sayangnya. otak orang” to gak ada pake nalar…. yg ngancurin wilayah nya sendiri. ini indonesia., sumatra , lampung bukan milik pribadi,… ingat, lo semua kayak gitu pikiran nya,… Indonesia bubuar brow….

  65. agus setiadi berkata:

    di India, Umat Muslim dibunuh & dibantai oleh mayoritas Ummay Hindu. Padahal zaman kerajaan Islam MUghal berkuasa di India, tidak pernah ada pembantaian umat Hindu. Itu bukti Islam melindungi semua nya kr rahmatan lil alamin, Di china, Umat Islam sering ditekan kr minoritas. Di Myanmar, Ummat Islam dibantai oleh orang Budha. Padahal mrk sudah beratus tahun bermukim di Myanmar. Di palestina, Umat Islam dibantai Zionis. Waktu perang Salib dimenangkan Umat Islam yg dipimpin Salahudin, umat kristen dilindungi. Padahal sebelumnya, umat islam dibantai oleh pasukan salib tanpa ampun. Di Spanyol, ummat Islam dibantai habis habisan oleh Kristen. Dari semua perjalanan sejarah, Ummat Islam lah yg dibantai. Kami cuma membela diri & marwah Islam. Kami siap mati SYAHID jika ada yg berani menindas saudara2 kami kr kami adalah SATU KESATUAN. Bila perlu, kami org Kalimantan Muslim Siap bertempur disana jika diperlukan utk SYAHID. Allah Huakbar!

    • nelson berkata:

      santai bro klo urusan perang udah ga ush bngung2 pergi aja ke timur tengah sana pasti dech loe dpt perang..tapi ingat udah bnr blm akhlak kita..hari gini msh ada aja manusia2 bodoh yg mudah terprovokasi oleh isu SARA

    • Widodo berkata:

      aduh mas jangan menambah keruh dengan membawa agama ini agama itu..dimana mana sama saja.. konsep semua agama adalah kebaikan kedamaian toleransi saling menghargai dll dll…kembali ke fitrah manusia yang gak pernah puas dan kesombongan untuk menjadi mayoritas lah yang kemudian menodai agama itu sendiri… sory nih bukannya mau membuka lembaran2 kelam.. Bali di Bom oleh teroris yang mengatasnamakan Islam apakah kemudian kita harus judgement bahwa Islam itu teroris nggak kan…??, juga dulu jaman kerajaan ketika kerajaan Demak (yang waktu itu bergama Islam) dan kemudian menghancurkan Majapahit (hindu) apakah itu bukan berarti Islam menghancurkan hindu? ohh nooo, please deh jangan bawa agama.. kalau saling klaim bahwa agama yang satu lebih benar dan lebih dari yang lain nya so..there will be no ending till the time of doom. setuju tulisan Nelson, kalau mau perang..lebih afdol di timur tengah sana, sekalian lawan nya jelas siapa..lha ini berani nya kok sesama bangsa dan saudara sendiri, atau ..sory nih..tuh yang jelas2 negara tetangga yang mencuri tanah kita, mencuri budaya kita, batik di klaim, angklung di klaim, bahkan menurut National Geographic jelas2 ditulis yang mengebom bali tu Muslim Ma***sia…so what? kayak nya mereka yang harus di “perangi”, perang disini bukan berarti harus bunuh2an lho..ayo dengan cerdas dan bijak kita lawan ekspansi konyol seperti itu..

      • Angga berkata:

        Saya Setuju Mas Widodo, selama kita masih ingin memaksakan kehendak terhadap orang lain intinya pasti itu salah. Penyerangan dalam bentuk apapun terhadap kelompok,suku,ras yg blm tentu bersalah adalah tdk benar. Di Bali kami menghormati semua suku pendatang dari manapun dan hidup berdampingan dengan damai sampai sekarang. walaupun kami di Bom 2 kali tetap kami tdk membalas dengan mendeskreditkan umat beragama lain. Disini kami jg punya Ormas dengan anggota berbadan kekar semua tetapi bukan untuk menindas kaum pendatang seperti halnya Jakarta. Kalau mau tau hidup damai main ke Bali..
        Kami percaya Karma… apapun alasan penduduk lampung menyerang saudara2 kami Tuhan pasti lebih tau kebenarannya. sanagt tdk adil kesalah pahaman di hargai dengan nynyawa.!

    • pepo berkata:

      jangan bawa2 kalimantan bang..kau tu bah pendatang juga,jangan sebut2 daerah,mati..mati sendiri ja lah kau..

    • ahmadsofhyan berkata:

      aduh mass pola pikirnya jangan kampungan dong
      itu diluar negri kalo situ gak trima lawan aja kesana !
      di Indonesia selama ini gw rasa gak ada masalah, tpi manusia2 yg berpola pikir seperti andalah yg menciptkan konflik di indonesia ini
      bom bali – yg nyerang islam (org yg menyalah artikan islam)gw yakin hanya segelintir agama islam yg mau bikin onar kaya gitu dan apa org bali ngebom balik ke pulau yg mayoritas islam ? engga kan
      anda bisa lihat 2x bali dibom mass, mohon maaf kalo dilampung saya rasa masalah cukup sepele gak perlu bunuh2an

      YANG BENER ITU CARI ORANG YG MELAKUKAN PELECEHAN ITU ANDA AJAK BERANTEM !

      KEROYOKAN ?
      BUNUH ORANG YANG GAK BERSALAH ?
      JANGAN SERANG WARGA YANG GAK BERSALAH !
      KAMPUNGAN BROOOOOOO

      lebih baik lagi kalo bisa dimusyawarahin,
      gw juga mau tanya sama 2 org wanita yg diganggu ini :
      apa sudah puas melihat ratusan org menjadi tunawisma ? nyawa terbuang sia2 ?

      Bentrok tidak akan menghilangkan masalah, yang ada hanya akan menimbulkan dendam

      saya islam, tpi saya merasa hal yg dilakukan dilampung tidak sampai segitunya
      maaf bila ada salah kata, saya kasian liat warga balinuraga

    • Miller Antoni berkata:

      agus bodoh,.. Ujung2ny Kamu bawa2 kaliamntan,.. apa maksudmu provokator kau,.. otakmu isinya taik

    • nurcholis berkata:

      @ agus setiadi : Lu ngomongnya banyak, tapi malah nunjukin kalo lu itu goblok..!

    • made berkata:

      Ok km cerita banyak tentang diluar sana… lantas apa hubungan nya dengan kasus di lampung….??? orang” macam kamu bisa jadi tambah keruh suasana mas….

    • i wayan suadnya berkata:

      mas agus yg saya tau dulunya di india,pakistan,afganistan agamanya hindu budha tpi stlah diserang muslim dan diislamkan tpi hanya india sja sbagian pnduduknya gk mau msuk islam.namanya juga di serang pstilah ada pembantaian,jdi hindu budhalah yg di bantai.indonesia ini subur makmur mas dan hawanya pun gk trlalu panas,jdi jngn bawa2 panasnya gurun pasir ke indonesia brow? mari kita jaga keutuhan NKRI

  66. doniR berkata:

    untuk yang komen , jangan berbicara/pendapat berdasarkan siapa anda dan emosi anda.. tapi pelajari terlebih dahulu knp bisa terjadi kerusuhan ini. INI bom waktu yang merupakan akumulasi dari perselisihan2 yang sudah bertahun2 adanya. cari info yg seimbang KENAPA ITU BISA TERJADI , baru anda akan memahami ini….

  67. a bee berkata:

    menang jadi arang…kalah jadi abu…begitu pepatah lama…yang di tinggal bermandi derita dan air mata…yang mati tak tentu surganya….bersabarlah…damailah…tahan emosi…jangan sampai hidup menjadi arang dan abu yang sia-sia

  68. indonesia mulai bantai exnis minorias

  69. Gr.Mangku Susila Wesnawa berkata:

    Om,Swastyastu,…..
    Semeton sami sane Meneng ring Lampung Selatan….
    Kepada Saudara”ku yang berada di Lampung Selatan terutama di Wilayah yang terkena Konflik,Saya sekeluarga turut prihatin atas Kejadian tersebut,semoga Ida Sang Hyang Widhi Waca,melindungi Umatnya serta permasalahan tersebut segera berakhir.Om,Shanti….shanti….shanti…..om

  70. Putu berkata:

    Ini dah bawa nama sara ini.braninya maen kroyok doang,bali selalu tertindas,lebih baik bali lepas dr indonesia aj

    • vido0311 berkata:

      Waduuh Ini namanya Anti Semangat Sumpah Pemuda Jangan dibawa masalah ini menjadi konflik SARA karena sekedar Info ” LAMPUNG ADALAH INDONESIA MINI” Dimana Aneka Suku Bangsa dari tanah air Mulai dari aceh,batak,padang,palembang,melayu,banten,sunda,jawa,madura dan masih banyak lainnya yang dapat hidup berdampingan secara damai bahkan masih banyak kampung kampung Bali Lainnya di Lampung seperti Lampung Tengah, Lampung Utara dan Kabupaten Lainnya di Lampung yg hidup berdampingan secara damai saling menghargai

    • anton berkata:

      jangan patah semangat bung,sy jg orang lampung utara di tempat sy ada kampung bali jg tapi kami gak ada masalah,kami rukun kami mehargai orang bali….jadi inti nya yg lagi bermasalah ya di kaliandak aja…

    • ahmadsofhyan berkata:

      Putu : saya org Islam yg tggl diBali, saya rasa perlakuan agama hindu disini cukup baik emang ada sesekali yg omongannya gak enak karena itu juga karena salah segelintir agama saya tpi kan gak semua yg tolol kaya teroris itu heheh
      bali dilepas dri indonesia devisa negara ngurang bnyk dong wkwk

      HIDUP Islam,Bali,Kristen,Budha

      DAMAI ITU INDAH !

  71. Raja Wijaya berkata:

    Karena di dalam islam tidak ada hukum karma, yang ada adalah bakar… bunuh… bommmm. Bersyukurlah muslim masih diijinkan bikin masjid di Bali, kira-kira kalau umat Hindu mau bikin pura di pulau jawa masih dapat ijinnya gak ya? Indonesia…

  72. alfia alhaq berkata:

    kampung apa aja yng di serang balik sama suku bali?,,,,,

  73. OLSA ( orang lampung sungkai Asli ) berkata:

    DAMAI PUARI………..,

Komentar ditutup.