Aneka Ritual Islami malam 1 Suro atau 1 Muharram 1436


Aneka Ritual Islami malam 1 Suro atau 1 Muharram 1436

Bulan suro terlebih lagi malam 1 Suro Bagi sebagian masyarakat indonesia; khususnya masyarakat suku Jawa memiliki aura tersendiri dalam pandangan masyarakat Jawa Aneka Ritual yang sering dijalankan seperti :

  • Memandikan Pusaka Pusaka yang dimiliki
  • Dilarang keras melaksanakan Pesta apalagi Pernikahan
  • Melaksanakan Tirakat,lek-lekan,
  • Kirab malam 1 suro
  • Kirab Tumuruning Mahesa Suro
  • Ritual Batara Kathong Ponorogo
  • Ritual Telaga Ngebel Ponorogo
  • dan Ritual lainnya

Semua Ritual yang disebutkan di atas menurut sekelumitinfo penuh dengan aura mistis khurafat dan kemusyrikan dengan dasar yang tidak bersumber kepada Pedoman Hidup Umat Islam yaitu Alquran dan Hadist.

Berikut adalah Ritual Islami 1 Suro atau 1 Muharram yang berdasarkan Alquran dan Hadist serta kisah perjalanan Nabi Muhammad SAW.

Ritual Hijrah secara Maknawi dan Fisik

Nabi Muhammad memutuskan untuk pindah (hijrah) dari kota Mekkah ke kota Madinah. Ketika Nabi berhijrah bersama-sama sahabatnya, motivasi utamayang memicu dan mendorong mereka adalah karenaingin memperolehridlaAllah. Menjelang hijrah kaum muslim berada pada posisi yang lemah dan teraniaya.

Namun karena keyakinan yang amat dalam bahwa Allah akan menolongdan membantu mereka, maka tak pernah sirna dalam sanubari mereka bahwa pertolongan Allah pasti akan datang, dan marekapasti akan memperoleh kemenangan. Hal ini disebabkan oleh karena tebalnyaimanyang mereka miliki.

Berhijrah bagi mereka adalah sama halnya dengan berpindah dari suatu keadaan kepada keadaan yang lebih baik. Masa depan yang gemilang terbayang-bayang di rongga mata, kehidupan yang lebih baik, damai dan sejahtera telah menunggu mereka.

Jadi hijrah tersebut dapat kita maknai dengan berpindah dari suatu keadaan kepada keadaan yang lebih baik, situasi yang lebih menguntungkan, situasi yang lebih kondusif untuk memaksimalkan pendayagunaan segala potensi diri yang kita miliki, mendayagunakan umur yang masih tersisa, mendayagunakan harta yang kita miliki, mendayagunakan ilmu serta ketrampilan yang kita kuasai,sehingga hidup dan kehidupan kita lebih bermakna dari hari-hari sebelumnya hal ini sejalan dengan Hadist tentang orang yang merugi “Sesungguhnya celakalah/merugilah orang yang hari ini tidak lebih baik dari kemarin amal ibadahnya”

Baca Juga : Berhijrah di awal Tahun Hijriah

About these ads

Tentang vido0311

Like,s Korean Love Indonesian News Update religius
Sampingan | Tulisan ini dipublikasikan di berita, idul adha 1432 /2011, info, News, Phenomenal, Religus Tips dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.