Pidato Puisi Sumpah Pemuda Dahulu dan Sekarang


Pidato Puisi Sumpah Pemuda Dahulu dan Sekarang



Sumpah pemuda yang telah diikrarkan oleh pemuda-pemudi Indonesia pada tanggal 28 Oktober 1928 atau kurang lebih 83 tahun yang lalu apabila kita bandingkan auranya dengan kondisi pada saat ini sungguh jauh berbeda
dahulu pemuda dan pemudi seluruh indonesia yang pada saat tersebut masih belum merdeka Menyatakan kesepakatan mereka untuk mempersatukan selruruh pemuda-pemudi indonesia dengan mengikrarkan SUMPAH PEMUDA yang bunyinya sebagai berikut:

PERTAMA : Kami Poetera dan Poeteri Indonesia, Mengakoe Bertoempah Darah Jang Satoe, Tanah Indonesia. (Kami Putra dan Putri Indonesia, Mengaku Bertumpah Darah Yang Satu, Tanah Indonesia).

KEDOEA : Kami Poetera dan Poeteri Indonesia, Mengakoe Berbangsa Jang Satoe, Bangsa Indonesia. (Kami Putra dan Putri Indonesia, Mengaku Berbangsa Yang Satu, Bangsa Indonesia).

KETIGA : Kami Poetera dan Poeteri Indonesia, Mendjoendjoeng Bahasa Persatoean, Bahasa Indonesia. (Kami Putra dan Putri Indonesia, Menjunjung Bahasa Persatuan, Bahasa Indonesia).

Pada saat itu pula Pertama kalinya Lagu Kebangsaan kita Indonesia Raya Karya Wr. Supratman dikumandangkan.

Makna Sumpah Pemuda Dahulu dan Sekarang

Demikian besarnya keinginan para pemuda pemudi kita dahulu untuk bersatu.
Betapa mirisnya apabila kita Lihat kondisi tersebut “sekarang ini antar daerah, antar kabupaten, antar provinsi, antar penganut agama, antar kampung antar RT, antar warga, antar parpol atau antar antar lainya yang pada saat sekarang ini semakin tidak harmonis.
Lihat saja tawuran antar warga, antar pendukung parpol, atau antar pendukung Calon Gubernur /Bupati kepala daerah dan bahkan seperti pada Perseteruan ditubuh PSSI yang terjadi dan belum berkesudahan. dengan aura gugat menggugat, boikot memboikot karena kepentingan pribadi dan kelompok dan mengesampingkan persatuan dan Kesatuan Bangsa ini.”

Semoga semua yang terjadi tersebut bukan mencerminkan bahwa para para pemuda-pemudi Indonesia sudah tidak ingin lagi dipersatukan oleh Ikrar Agung SUMPAH PEMUDA yang diikrarkan 83 tahun yang lalu.

Tentang vidona

Like,s Korean Love Indonesian News Update religius
Pos ini dipublikasikan di berita, info, News, pilkada, pilkada aceh, pilkada banten dan tag , , , , , , . Tandai permalink.