Gerhana Bulan Total Buat Laut Makin..


Gerhana Bulan Total Buat Laut Makin..

Beberapa kondisi perairan yang akan terpengaruh gerhana bulan itu di antaranya perairan Laut Timor, Laut Sawu, Laut Flores, Selat Rote, Selat Ombay, Selat Sape, hingga Selat Arafuru. “Sehingga tidak perlu dikhawatirkan oleh para pelaut, nahkoda kapal, dan jenis pelayaran lainnya.”

Menurut dia, gerhana bulan merupakan peristiwa ketika terhalanginya cahaya matahari oleh bumi sehingga tidak semuanya sampai ke bulan.

Peristiwa yang merupakan salah satu akibat dinamisnya pergerakan posisi matahari, bumi, dan bulan itu, katanya, hanya terjadi saat fase purnama dan dapat diprediksi sebelumnya.

Ia menyebut, pada 2011 telah diprediksi terjadi empat kali Gerhana Matahari Sebagian (GMS) yaitu 4 Januari 2011, 1 Juni 2011, 1 Juli 2011, dan 25 November 2011.

“Keempatnya tidak dapat disaksikan dari wilayah Indonesia,” katanya.

Gerhana Bulan Total diprediksi terjadi pada 15 Juni 2011 dan 10 Desember 2011. Kedua gerhana itu dapat disaksikan dari wilayah Indonesia berupa GBT pada 16 Juni 2011 dini hari dan GBT 10 Desember 2011 malam hari.

BMKG sebagai institusi pemerintah yang salah satu tugas pokok dan fungsinya dalam hal pengamatan posisi bulan dan matahari, penentuan tanda waktu, dan pelayanan informasi tanda waktu, berkepentingan dengan pelayanan informasi GBT 10 Desember 2011 tersebut.

Sumber AntaraNews

 

 

 

Iklan

Tentang vidona

Like,s Korean Love Indonesian News Update religius
Pos ini dipublikasikan di berita, info, kiamat, News, Phenomenal, Religus Tips dan tag , , , , , , . Tandai permalink.