Aneka info Statcap Cerdas BPS


Aneka info Statcap Cerdas BPS

STATCAP CERDAS merupakan kepanjangan dari Statistical Capability Building Change and Reform for Development of Statistics atau Perubahan dan Reformasi Pengembangan Statistik. Merupakan program lima tahun untuk memodernisasi BPS supaya dapat menjawab tantangan masa depan di bidang statistic. Proyek ini akan dilakukan dalam rentang waktu 2010 sampai 2014.
Proyek STATCAP CERDAS mempunyai target untuk meningkatkan system perstatistikan Indonesia yang sekaligus meningkatkan kualitas data statistic yang dihasilkan BPS dan meningkatkan kepercayaan masyarakat akan keakuratan data statistic yang dihasilkan BPS sehingga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat akan data statistic yang berkualitas melalui keterlibatan yang lebih baik. STATCAP CERDAS dilakukan melalui meningkatkan sumber daya manusia yang dimiliki BPS. Terdapat tiga pilar utama yang harus dibangun untuk meningkatkan kualitas data statistic, yakni ICT (information, communication and technology), kemudian Sumber Daya Manusia yang berkualitas dan Kelembagaan yang solid, tangguh dan kuat.
Untuk mendukung suksesnya proyek STATCAP CERDAS, Bank dunia memberikan sejumlah dana untuk memulai proyek “Memperkuat Sistem Perstatistikan Indonesia” ini. BPS juga mengundang konsultan untuk membantu BPS dalam membuat perencanaan strategis untuk memperkuat system perstatistikan Indonesia. Proyek ini akan didukung perbaikan infrastruktur (teknologi informasi dan komunikasi) dan pengembangan sumber daya manusia BPS. Dalam perwujudan proyek STATCAP CERDAS, BPS membentuk lembaga internal yang bertujuan mewujudkan tujuan STATCAP CERDAS ini dan melakukan analisis terhadap keseluruhan kinerja bagian BPS. Lembaga yang diberi nama sama dengan proyeknya bertempat di gedung tiga lantai tiga.

STATCAP-CERDAS BPS

Perubahan dan Reformasi Pengembangan Statistik, yang dijuluki proyek STATCAP-CERDAS, adalah program lima tahun untuk memodernisasi BPS guna memenuhi tantangan masa depan dari lembaga statistik. Proyek yang akan dilaksanakan 2010-2014, bertujuan untuk meningkatkan sistem statistik Indonesia dan, khususnya, meningkatkan kualitas produk statistik dihasilkan oleh BPS serta meningkatkan kepercayaan pengguna statistik melalui keterlibatan yang lebih baik dengan pengguna dan menanggapi kebutuhan mereka lebih baik. Produk akhir akan lebih baik dan masyarakat dapat mengakses data-data statistik produk BPS dengan lebih baik. Inisiatif-inisiatif ini akan didorong oleh kebutuhan paling penting pengguna data dan perbaikan infrastruktur, yaitu teknologi informasi dan komunikasi, diperlukan untuk memastikan bahwa perbaikan ini berkelanjutan. Selain itu, juga penting untuk meningkatkan kemampuan sumber daya manusia BPS untuk memenuhi tantangan reformasi dan perubahan.Proyek STATCAP-CERDAS awalnya dimulai dari ketertarikan manajemen puncak BPS dalam pertemuan capacity building antara BPS dan Bank Dunia pada Maret 2007. Dari ketertarikan tersebut kemudian ada tindak lanjut diskusi yang menghasilkan beberapa perjanjian untuk menentukan cakupan misi dan draft TOR. Setelah disetujui semua itu disetujui maka capacity building berfokus pada tiga komponen utama, perbaikan statistik, upgrade sistem ICT dan pengembangan sumber daya manusia. Berbagai diskusi antara BPS dan konsultan dari misi Bank Dunia berikutnya telah membawa BPS untuk melakukan lokakarya internal dan eksternal untuk workshop pada tahun 2008 akhirnya menyetujui strategi besar untuk mengimplementasikan proyek ini. Kedua lokakarya ini menghasilkan berbagai input, termasuk desain awal perencanaan strategis kerangka kerja, yang kemudian dikembangkan menjadi arus Cerdas Statcap-rencana strategis yang dipersiapkan oleh unit pengelolaan proyek atau PMU. Rancangan digunakan untuk menurunkan rencana aksi yang akan diperlukan untuk menentukan biaya akhir proyek, serta urutan atau waktu jadwal kegiatan untuk setiap individu. Statcap-Cerdas Para rencana adalah bagian dari keseluruhan rencana strategis (Renstra) BPS.

Statistical Capacity of Building for Change and Development of Statistics

(Statcap Cerdas) BPS

Merupakan salah satu bagian dari Badan Pusat Statistic yang baru dibentuk sekitar dua tahun lalu. fungsi dari bagian ini adalah melakukan analisis terhadap keseluruhan kinerja bagian BPS untuk melakukan reformasi birokrasi di BPS dengan tujuan akhir adalah peningkatan kualitas data.
Hal ini dipandang perlu karena kesadaran dari masyarakat luas mengenai peran penting dan sentral data dalam pembangunan. Sebenarnya reformasi ini didukung oleh lima pilar, yaitu: SDM, Birokrasi, Teknologi Informasi dan Komputer, Statistik, dan Manajemen Keuangan.
Tahap yang sedang dilakukan statcap pada saat tulisan ini dibuat (Januari 2010), baru pada penganalisisan keadaan setiap bagian termasuk dukungan TIK nya dan mengidentifikasi proses-proses kegiatan yang dilakukan oleh masing-masing bidang dibawah BPS. Kegiatan ini di sponsori oleh world bank dengan memberikan pinjaman pada BPS. Untuk itu, kegiatan reformasi ini harus benar-benar berhasil guna atau kita akan benar-benar rugi besar.
Sekian dulu, tulisan ini, nanti akan coba di share juga permasalahan apa sih yang sebenarnya dihadapi oleh BPS sehingga sulit sekali berkembang? atau permasalahn-permasalahan apa yang telah ditemukan pada saat statcap ini melakukan identifikasi dari tiap-tiap bagian.
STATCAP CERDAS BPS

STATCAP CERDAS (Statistic Capacity Building Change and Reform for Development of Statistic) merupakan suatu perencanaan BPS untuk 5 tahun ke depan (2010-2014) untuk memenuhi kebutuhan data statistik yang berkualitas, lengkap, akurat, relevan, mutakhir, dan berkesinambungan sebagai acuan dasar dalam perencanaan pembangunan nasional.
Perencanaan yang baik merupakan pijakan awal untuk menentukan arah kebijakan yang strategis melalui penetapan program dan kegiatan yang tepat. Salah satu kunci keberhasilan perencanaan adalah tersedianya data dan statistik yang andal dan terpercaya. Data dan statistik yang berkualitas merupakan rujukan bagi semua pihak dalam memformulasikan kebijakan, melakukan pemantauan/monitoring, dan mengevaluasi program agar sasaran kegiatan yang telah ditetapkan dapat dicapai dengan efektif dan efisien.
Program STATCAP CERDAS merupakan program 5 tahun (2010-1014) yang disusun melalui Rencana Strategis Badan Pusat Statistik. Rencana Strategis Badan Pusat Statistik (Renstra BPS) Tahun 2010-2014 merupakan rencana pembangunan di bidang statistik selama lima tahun ke depan yang disusun dengan mempertimbangkan perubahan lingkungan strategis, terutama yang menyangkut potensi, peluang, tantangan, dan permasalahan BPS. Renstra dirumuskan untuk menjadi pedoman dan arahan bagi seluruh jajaran BPS dan para pemangku kepentingan dalam upaya mencapai sasaran-sasaran pembangunan statistik yang telah ditetapkan.
Sasaran strategis pembangunan statistik nasional Indonesia dirumuskan sebagai berikut:
1).Tersedianya data dan informasi statistik yang lengkap, akurat, dan tepat waktu di seluruh bidang pembangunan serta meningkatkan pelayanan bagi pengguna data dan informasi statistik
2).Terwujudnya struktur organisasi BPS secara efektif dan efisien dalam kerangka mewujudkan good governance serta meningkatkan pengawasan dan akuntabilitas kinerja aparatur BPS
3).Meningkatnya kapasitas SDM dalam pengetahuan, penguasaan ilmu, metoda statistik, dan teknologi informasi mutakhir guna menyempurnakan metoda pengumpulan, pengolahan dan diseminasi statistik
4).Meningkatnya kerjasama antar lembaga statistik/penelitian dalam negeri maupun internasional atas dasar saling menghormati kemandirian dan menguntungkan dalam rangka menghasilkan data dan informasi statistik berkualitas internasional
5).Terwujudnya SSN dalam menunjang kelancaran tugas dan fungsi lembaga-lembaga statistik yang ada baik di instansi pemerintah, swasta maupun masyarakat
6).Meningkatnya kualitas dan kuantitas sarana dan prasarana fisik.
Adapun tujuan utama dalam pembangunan nasional di bidang statistik lima tahun ke depan adalah meningkatkan ketersediaan data dan informasi statistik yang berkualitas serta pelayanan prima dalam rangka mewujudkan SSN yang andal, efektif, dan efisien. Untuk itu, BPS perlu meningkatkan koordinasi dengan instansi terkait, integrasi, sinkronisasi, dan standardisasi kegiatan statistik.
Berdasarkan visi, misi, tujuan, dan sasaran yang telah ditetapkan, maka BPS menetapkan strategi yang meliputi:
a) Strategi Bidang Peningkatan Kualitas dan Keragaman Data
b) Strategi Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
c) Strategi Bidang Peningkatan Kapasitas dan Kemampuan SDM
d) Penataan Kelembagaan.
dimana strategi strategis BPS tahun 2010-2014 ini yang lebih dikenal dengan sebutan STATCAP CERDAS (Statistic Capacity Building Change and Reform for Development of Statistic).
Selengkapnya di Statcap Cerdas BPS
Iklan

Tentang vidona

Like,s Korean Love Indonesian News Update religius
Pos ini dipublikasikan di berita, info, News dan tag , , , , , . Tandai permalink.