Aura Badai Washi di Thailand


Aura Badai Washi di Thailand

Badai tropis Washi yang menyapu Filipina selatan dan menewaskan lebih 900 orang diperkirakan akan menyebabkan hujan lebat dan luas di wilayah selatan Thailand pada Rabu dan Kamis.

Badai itu diperkirakan akan bergerak melalui Laut China Selatan yang lebih rendah dan melemahkan depresi sebelum memukul pantai Malaysia pada Rabu, kata Wanchai Sak-udomchai, direktur kantor Departemen Meteorologi di Timur Laut.

Provinsi-provinsi yang terkena mungkin akan termasuk Provinsi Nakhon Si Thammarat, Phatthalung, Songkhla, Pattani, Yala, Narathiwat dan Trang yang terletak di pantai timur.

Laut ganas diperkirakan terjadi di Teluk Thailand dan kapal-kapal pukat kecil disarankan untuk tetap tinggal di pantai selama beberapa hari berikutnya.

Biro Cuaca mengatakan, gelombang bisa setinggi antara dua sampai  empat meter di bagian bawah Teluk Thailand.

Menurut Wanchai, setidaknya dua insiden besar tanah longsor dilaporkan  di Provinsi Songkhla selatan pada Minggu, satu di Rattaphum dan lainnya di Kabupaten Sin Krasae.

Tidak ada korban cedera dilaporkan dalam tanah longsor terbaru itu, katanya menambahkan.

Sementara itu, sekitar 200 keluarga di Kabupaten Khuan Khanin, Phatthalung, dilaporkan  terkena banjir selama lima hari, sementara banjir bandang terbaru dilaporkan pada Senin di Kabupaten Muang, Provinsi Trang, sehingga memicu evakuasi sekitar 11 keluarga di Tambon Yong Tai pada saat otoritas memperingatkan situasi yang lebih buruk mungkin terjadi .

Sejak 21 November sampai pertengahan Desember, delapan Provinsi Surat Thani, Nakhon Si Thammarat, Phatthalung, Songkhla, Pattani, Yala, Narathiwat dan Trang telah menghadapi curah hujan yang luas dan berat yang menyebabkan banjir bandang dan tanah longsor di beberapa daerah.

Departemen Pencegahan Bencana dan Mitigasi melaporkan bahwa sekitar 150.000 rumah tangga atau setengah juta warga  di delapan provinsi telah terpengaruh.

Dalam perkembangan terkait, banjir terburuk dalam lebih dari 50 tahun dipicu oleh  badai tropis beberapa kali dan musim hujan yang merajalela, sejauh ini diklaim telah meneaskan sekitar 740 orang Thailand di seluruh negeri.

Sumber Berita Waspada Online

 

Iklan

Tentang vidona

Like,s Korean Love Indonesian News Update religius
Pos ini dipublikasikan di berita, info, kiamat, News, Religus Tips dan tag , , , , . Tandai permalink.