Aura Gempa Aceh 2012 Makin..


Aura Gempa Aceh 2012

Sekelumitinfo Aceh kembali diguncang Gempa Berkekuatan 7,1 SR hari ini 11 Januari 2012 pada pukul 01.36 WIB sempat menyentakkan beberapa warga Padang, Sumatera Barat.

Gempa yang berkekuatan 7,6 Skala Ritcher ini membuat sebagian warga Padang yang pulas tidur dan masih terjaga-jaga. M. Haris (32) warga Pasar Raya, Kecamatan Padang Barat, sempat panik dengan goncangan yang berdurasi 15 detik itu.

“Beberapa warga keluar rumah saling terheran-heran, pasalnya selain gempa juga di rasakan beberapa peringatan dari pihak BMKG juga ditayangkan melalui televisi,” ujarnya pada Okezone, Rabu (11/12/2012).

Usai gempa berkekuatan 7,1 SR yang terjadi di Aceh Rabu (11/01/2012) pukul 01.36 WIB gempa susulan dengan skala kecil masih berpotensi terjadi.

Menurut Kepala Pusat Data BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, gempa di Aceh tersebut terjadi di bagian lempeng samudra.

“Yaitu pada lempeng Australia, sebelum lempeng tersebut menghunjam lempeng Benua Eurasia (Sumatra) dekat dengan outer-rise. Jadi gempa tadi malam tidak terjadi pada zona pertemuan lempeng,” kata Sutopo .

Dikatakan Sutopo, seperti kebanyakan gempa yang terjadi di Sumatra, mekanisme gempa semalam yaitu sesar geser, tidak berpotensi tsunami, dan jarak dari zona pertemuan lempeng yaitu sekitar 100 km.

Gempa mengguncang wilayah Simeulue pada pukul 01.35 WIB dinihari. Akibat gempa tersebut, Badan Klimatologi, Meteorologi, dan Geofisika sempat mengeluarkan peringatan tsunami, tetapi kemudian mencabutnya. Setidaknya tiga gempa susulan berkekuatan 5,0 skala Richter terjadi pada pukul 02.02 WIB, 02.46 WIB, dan 04.00 WIB.

Pakar Gempa Menyatakan Gempa berpotensi mencapai 9 SR

Pakar gempa dari Geoteknologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Danny Hilman Natawidjaja mengatakan potensi gempa di daerah Selat Sunda maksimal bisa mencapai 9 skala Richter. Kekuatan gempa sebesar itu akan menimbulkan guncangan keras dan mendatangkan tsunami seperti di Aceh pada 2004.

Menurut Danny Hilman, potensi maksimal kekuatan gempa hingga 9 skala Richter itu berdasarkan dimensi patahan atau sesar yang melewati Selat Sunda. “Dimensi patahannya besar, dari Pulau Enggano sampai ke (laut) selatan Jawa. Itu bisa nyambung semua,” katanya di sela acara Simposium Nasional Hasil Penelitian Gempa Bumi dan Tektonik Aktif di Aula Barat ITB, 10-11 Januari 2012.

Penyebab Gempa Aceh 2012

Gempa yang menggoyang warga Aceh dan sekitarnya pada Rabu, 11 Januari 2012 dinihari tadi berasal dari lempeng samudera yang akan masuk ke zona penunjaman atau subduksi. “Sumber gempa berasal dari sesar geser di lempeng samudera, bukan dari zona subduksi,” kata pakar gempa dari ITB, Irwan Meilano, di Bandung, Rabu, 11 Januari 2012.

Menurut Irwan, titik gempa berada hampir 100 kilometer dari garis zona subduksi ke arah barat. Mekanismenya, lempeng itu bergerak, namun tertahan di daerah penunjaman. Ibaratnya seperti antrean orang yang didorong dari belakang, namun terhadang dan tertahan di pintu masuk. “Di zona subduksi masih dalam proses sesudah gempa (Aceh) 2004, jadi ada stres di lempeng lautan,” ujarnya.

Sumber Berita Tempo.co dan Oke Zone

Iklan

Tentang vidona

Like,s Korean Love Indonesian News Update religius
Pos ini dipublikasikan di berita, info, kiamat, News, Phenomenal, Religus Tips dan tag , , , , , , . Tandai permalink.