Aneka Prediksi Tempat dan Waktu Jatuhnya Satelit Rusia Phobos Grunt


Aneka Prediksi Tempat dan Waktu Jatuhnya Satelit Rusia Phobos Grunt

Sekelumitinfo berita yang beredar dan menghangat hari ini tentang prediksi tempat dan waktu Jatuhnya Pecahan Satelit Rusia Phobos Grunt yang gagal mengorbit dan melaksanakan misi untuk pengambilan sampel “Tanah” di Planet Merah Mars.

“Diprediksi benda itu akan jatuh pada 16 Januari 2012. Kemungkinan jatuh di Indonesia adalah 1 : 100.000, itu bisa lebih kecil lagi kemungkinannya,” ujar pria yang juga menjabat Deputi Bidang Sains, Pengkajian, dan Informasi Kedirgantaraan Lapan ini.

Reruntuhan pesawat antariksa buatan Rusia Phobost-Grunt berukuran 4×4 meter seberat 13,2 ton akan jatuh di areal 51,4 derajat Lintang Utara sampai 51,4 derajat Lintang Selatan. Di rentang luas wilayah itu, Indonesia termasuk salah satu negara yang kemungkinan akan menerima runtuhan pesawat yang gagal ke Mars itu.

“Rentang area itu sangat luas. Ada China, Benua Amerika, Benua Afrika, sebagian besar Asia, Eropa, termasuk Indonesia,” kata Profesor Riset Astronomi-Astrofisika, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Thomas Djamaluddin, dalam perbincangan dengan VIVAnews.com, Jumat 6 Januari 2012.

Posisi benda angkasa itu saat ini diperkirakan berada pada 200 kilometer dari permukaan bumi. Pada posisi di jarak itu, sampah antariksa itu akan mengitari bumi setiap 89 menit.

“Nanti, bila sudah pada jarak 120 kilometer dari permukaan bumi maka hanya dalam hitungan beberapa menit akan jatuh,” kata pria yang akrab disapa Djamaluddin ini.

“Prediksi terbaru menyatakan Phobos-Grunt bakal jatuh pada Senin, 16 Januari 2012, pukul 14:00 WIB +/- 31,2 jam,” kata astronom Ma’rufin Sudibyo lewat akun Facebook-nya, Rabu (11/1/2012).

Selama periode itu, Phobos-Grunt akan mengelilingi Bumi sebanyak 42 kali. Lokasi jatuhnya wahana antariksa itu masih sulit ditentukan, tetapi diperkirakan pada rentang kawasan 51 derajat Lintang Utara hingga 51 derajat Lintang Selatan. Saat jatuh, diperkirakan ada 200 kilogram puing Phobos-Grunt akan menghantam Bumi. Massa total Phobos-Grunt sendiri adalah 13,2 ton.

Berdasarkan data Senin (9/1/2012), Phobos-Grunt berada pada ketinggian terdekat (perigee) 168 kilometer dan terjauh (apogee) 208 km. Wahana akan mulai jatuh cepat saat masuk ketinggian 120 km di atas permukaan Bumi.

Phobos-Grunt akan melewati Indonesia pada rentang waktu 9-20 Januari 2012. Dengan demikian, ada potensi satelit ini jatuh di wilayah Nusantara. “Perhatian terbesar harus difokuskan ke Laut Arafura dan Pulau Irian karena di sinilah kemungkinan terbesar Phobos-Grunt bakal jatuh,” kata Ma’rufin

Sumber Berita Kompas.com dan programatujuh.wordpress.com/

 

Iklan

Tentang vidona

Like,s Korean Love Indonesian News Update religius
Pos ini dipublikasikan di berita, info, kiamat, News, Phenomenal dan tag , , , , , , , , . Tandai permalink.