Aura Lebaran Imlek di Hongkong China


Aura Lebaran Imlek di Hongkong China

Sekelumitinfo mumpung moment perayaan tahun baru Imlek (Tahun Baru China) atau Chinesse New Years yang perayaannya akan jatuh pada tanggal 23 Januari 2012 ini, sekelumitinfo mencoba mencari berbagai info tentang imlek yang katanya auranya seperti lebaran kalau di negara kita Indonesia.

Bagaimana aneka ritual dan aneka kegiatan yang berkaitan dengan Imlek dan perayaan tahun baru di Hongkong China ? berikut adalah info dari kompasiana yang menguraikan aneka ritual dan aneka kegiatan yang biasanya dilakukan oleh masyarakat di Hongkong  China:

Hong Kong pun mulai bersolek dengan warna merah dan warna emas. Dimana-mana dapat kita lihat hiasan berupa patung Naga Emas baik  besar maupun kecil. Plaza dan pusat perbelanjaan dihiasi pohon-pohon jeruk berbuah lebat dan gantungan lampion warna warni.

Kami pun disibukkan dengan ritual bersih-bersih rumah. Biasanya orang Hong Kong meminta kita bersih-bersih pada tanggal tertentu yaitu tanggal ganjil di akhir tahun Cina. Bahkan untuk orang yang menganut kepercayaan Kong Hu Chu, bersih-bersih tidak hanya menggunakan air tapi harus dicampur dengan rendaman air daun jeruk. Katanya untuk membersihkan kesialan yang dialami di tahun lalu.

Selain bersih-bersih, kita juga mulai membuat kue-kue khas Tahun Baru Cina seperti kue lobak, kue keranjang, water chestnut pudding dan banyak lagi. Tapi bagi yang tidak mau repot, banyak sekali bakery yang menjual aneka jenis kue Tahun Baru dengan harga terjangkau. Soal rasa saya tidak tahu pasti karena boss saya selalu minta saya membuatkan kue lobak, katanya rasanya lebih enak buatan saya walaupun saya tidak pernah mencicipi karena kue lobak dibuat dengan Chinese Sausage ( Lap Cheong) yang berbahan dasar daging babi.

Hong Kong memang kota Metropolitan moderen, tapi masyarakatnya masih sangat kental dengan tradisi. Mereka masih melakukan ritual tertentu sebelum dan selama Tahun Baru Cina. Mereka percaya bahwa Tahun Baru segalanya harus baru, mulai dari perabotan rumah, pakaian dan segala sesuatu. Tapi generasi yang agak muda yang juga berpikir tentang penyelamatan lingkungan tidak melakukan pembaruan ekstrim. Mereka hanya mengganti barang baru secara simbolik saja, semisal menyiasati dengan meletakkan keset baru atau membeli sepotong baju baru.

Tradisi yang tak pernah terlupakan adalah membuang baju bekas yang hampir menjadi keharusan mewakili simbol memberi ruang untuk keberuntungan-keberuntungan yang baru. Pakaian bekas disortir mana yang layak pakai mana yang tidak, lalu diletakkan di tempat recycle yang sudah ditentukan. Masih tentang pakaian, orang Cina punya tradisi unik yaitu memakai pakaian dalam berwarna merah pada hari pertama Imlek dan harus baru agar keberuntungan tak enggan menyapa.

Pada malam tahun baru para keluarga dapat dipastikan berkumpul bersama untuk meniknmati hidangan akhir tahun. Ada yang memasak sendiri atau pesan dari restoran kalau tidak mau repot bahkan makan di restoran walau harus pesan tempat jauh-jauh hari. Makanan yang disiapkan pun khas. Sup yang terbuat dari campuran bahan-bahan yang menyimbolkan keberuntungan dan hal-hal yang baik. Misalnya dried oyster, dalam bahasa Kanton disebut hou si yang terdengar seperti hou si yang berarti hal yang baik, ketapang  (hoi sam) artinya kebahagiaan, black moss (fat choi) artinya keberuntungan.

Makanan yang dihidangkan pun mempresentasikan doa mereka untuk tahun mendatang, selada (sang choi) artinya uang, udang (ha) simbol kebahagiaan atau tawa (hahahahaha), steamed fish (steamed dalam bahasa Kanton, Cing) menyimbolkan keberuntungan yang berkesinambungan dan masih banyak lagi. Hal ini mengingatkan saya dengan kue-kue lebaran di desa saya yang punya simbol dan arti masing.

Sumber Berita imlek-di-hong-kong-mirip-lebaran/

Iklan

Tentang vidona

Like,s Korean Love Indonesian News Update religius
Pos ini dipublikasikan di berita, Hobby, info, News, Phenomenal, Religus Tips dan tag , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Aura Lebaran Imlek di Hongkong China

  1. Ping balik: Imlek Dahulu dan Kini | All In One SEMUA ADA DISINI

Komentar ditutup.