Bersiap Diri Untuk Nyepi 2012 (Saka 1934)


Bersiap Diri Untuk Nyepi 2012 (Saka 1934)

Sekelumitinfo dalam rangka bersiap diri menghadapi Perayaan Hari Nyepi 2012 (Saka 1934) umat Hindu hari ini Menyelenggarakan Upacara Melasti .

Umat yang melakukan prosesi melasti tersebut membawa sesaji dan peralatan suci (arca atau pratima), sembari diiringi dengan musik gamelan bleganjur atau alunan musik tradisional khas umat Hindu. Prosesi Melasti tersebut adalah kegiatan ritual yang bermakna membersihkan “pratima” dan benda yang disakralkan ke laut adalah kegiatan yang diwariskan secara turun temurun di agama Hindu.

Menurut Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Malang Raya, Sutomo Adiwijoyo, yang ditemui Kompas.com, di sela-sela acara, bahwa prosesi melasti di Agama Hindu adalah kegiatan menyucian pratima menjelang hari raya Nyepi sebagai pergantian tahun saka.

“Umat Hindu di Malang Raya, dalam memperingati pergantian Tahun Baru Isaka 1933 ke Tahun Baru Isaka 1934 melakukan serangkaian upacara keagamaan yang diawali dengan melasti,” katanya.

Dalam prosesi melasti tersebut, dilangsungkan doa bersama dipinggir pantai. Di depan umat Hindu yang berdoa, berjejer anekaragam sesaji yang ada di jepana. Di dalam jepana itu ada telur, anekaragam buah-buahan untuk dilarung ke laut, secara bersama-sama.

Sumber Berita Kompas.com

Iklan

Tentang vidona

Like,s Korean Love Indonesian News Update religius
Pos ini dipublikasikan di berita, info, News, Religus Tips dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.