Aneka Konsep Definisi dalam Sensus Ekonomi 1996


Aneka Konsep Definisi dalam Sensus Ekonomi 1996

Konsep dan Definisi dalam Sensus Ekonomi

a. Usaha

Usaha adalah suatu unit ekonomi yang melakukan aktifitas dengan tujuan menghasilkan barang/jasa untuk dijual atau ditukar dengan barang lain,dan ada seseorang atau lebih yang bertanggungjawab dan punya kewenangan untuk mengelola usaha tersebut.

b.Sektor Usaha

1)Usaha Sektor Pertanian

Usaha Pertanian adalah suatu usaha kegiatan yang menghasilkan produksi pertanian (pertanian tanaman pangan dan hortikultura, tanaman perkebunan, peternakan, kehutanan, perburuan dan perikanan) dengan tujuan sebagian atau seluruh hasilnya untuk dijual/ditukar atau menunjang kehidupan.

Jasa pertanian adalah kegiatan yang dilakukan baik oleh peorangan maupun badan usaha atas dasar balas jasa (fee) atau kontrak yang melayani usaha bidang pertanian seperti: jasa pengolahan lahan, jasa pemupukan, jasa penanaman benih/bibit, jasa pelayanan kesehatan ternak, jasa pemacetan ternak,jasa penetasan telur.

2)Usaha sektor Pertambangan dan Penggalian

Usaha sektor Pertambanngan dan Penggalian adalah usaha yang melakukan kegiatan persiapan dan pengambilan unsur-unsur kimia, mineral, bijih-bijihan, dan segala macam batuan termasuk batu-batu mulia yang merupakan endapan alam, baik dalam bentuk padat, cair maupun gas untuk tujuan komersial.

3)Usaha Sektor Industri Pengolahan

Usaha Industri Pengolahan adalah usaha yang melakukan kegiatan mengubah barang dasar (bahan mentah) menjadi barang jadi/setengah jadi dan atau dari barang yang kurang nilainya menjadi barang yang lebih tinggi nilainya sehinga  lebih dekat kepada pemakai akhir,untuk tujuan komersial.

4)Usaha Sektor Listrik, Gas dan Air

Sektor ini terdiri dari Subsektor Listrik, Subsektor Gas dan Subsektor Air Bersih.

a)Usaha Sub Sektor Listrik adalah usaha yang melakukan kegiatan pembangkit tenaga listrik serta pengoperasian jarian tranmisi dan distribusi tenaga listrik kepada rumahtangga, intansi dan konsumen lainnya untuk tujuan komersial. Seperti: konsultan ketenagalistrikan, pembangunan, pemasang dan pemeliharaan peralatan ketenagalistrikan.

b)Usaha Gas adalah usaha yang melakukan kegiatan menyediakan gas serta pengoperasian jaringan tranmisi dan distribusi gas kota kepada rumahtangga, instansi, industri, dan konsumen lainnya untuk tujuan komersial.Perusahan Gas yang dicakup adalah Perusahaan Gas Negara.

c)Usaha Subsektor Air Bersih adalah usaha yang melakukan kegiatan penjernihan, penyediaan dan penyalur air melalui terminal air, mobil tangki (bila masih dalam satu pengelolaan administrasi dari perusahaan air bersih tersebut) ke rumahtangga, instansi, industri, dan konsumen lainnya dengan tujuan komersial.

   5)Usaha Sektor Kontruksi

Usaha Kontruksi adalah usaha yang mempunyai kegiatan pembuatan, pamasangan, rehabilitasi, dan pemeliharaan bangunan/kontruksi yang menyatu dengan tempat kedudukannya baik digunakan sebagai tempat tinggal maupun sarana lainnya,dengan tujuan komersial.

Usaha Kontruksi PD adalah suatu kegiatan ekonomi dalam bidang kontruksi yang dilakukan oleh badan atau perorangan yang berbadan hukum, baik mengerjakan sebagian atau seluruh pekerjaan kontruksi.

Bersambung Ke Sektor Perdagangan

Iklan

Tentang vidona

Like,s Korean Love Indonesian News Update religius
Pos ini dipublikasikan di berita, info, News, Uncategorized dan tag , , , , . Tandai permalink.