Planet baru GJ 667Cc Layak Huni


Planet baru GJ 667Cc Layak Huni

Sekelumit info Sebuah planet yang diberi kode GJ 667Cc ditemukan mengorbit pada sebuah bintang kecil berwarna merah yang berjarak 22 tahun cahaya dari Bumi di rasi bintang Scorpio. Planet yang memiliki permukaan bebatuan tersebut dijuluki Super Earth, dan memiliki kemungkinan untuk dapat dihuni oleh manusia.

GJ 667Cc memiliki massa 4.5 kali lipat dari Bumi, dan telah diamati mengorbit pada bintang tersebut setiap 28 hari. Karena bintang merah itu relatif redup, GJ 667Cc hanya menerima cahaya yang sedikit, karenanya planet tersebut harus mendapatkan sumber cahaya dari bintang lain.

Gliese 667 C

Gliese 667 C merupakan komponen bintang terkecil dari sistem ini, dengan hanya sekitar 37% [4] dari massa Matahari dan 42% [2] radius Matahari. Ini adalah bintang katai dengan klasifikasi bintang dari M1.5. Bintang ini memancar hanya 1,4% dari luminositas Matahari dari atmosfer luarnya pada relatif dingin suhu efektif dari 3.700 K. [6] suhu Inilah yang memberi cahaya merah-warni yang merupakan karakteristik dari M-jenis bintang. [ 9] Besarnya nyata dari komponen ini adalah 10,25, memberikan magnitudo absolut dari sekitar 11,03. Hal ini dikenal memiliki sistem planet dari dua planet dengan planet ketiga sebagai kemungkinan yang kuat.

Dari permukaan Gliese 667 Cc, planet kedua bahwa orbit sepanjang tengah zona layak huni, Gliese 667 C akan memiliki diameter sudut 1,24 derajat dan akan muncul menjadi 2,3 kali [catatan 2] diameter visual dari matahari kita , seperti yang muncul dari permukaan Bumi. Gliese 667 C akan memiliki area visual yang 5,4 kali lebih besar daripada Matahari tapi masih akan hanya menempati 0,003 persen dari bola langit Gliese 667 Cc atau 0,006 persen dari langit terlihat saat itu tepat di atas kepala.

[ sunting ]

Iklan

Tentang vidona

Like,s Korean Love Indonesian News Update religius
Pos ini dipublikasikan di berita, info, News, Phenomenal dan tag , , , , , . Tandai permalink.