Mengirit BBM dengan cara Hemat Pake Air


Mengirit BBM dengan cara Hemat Pake Air

Sekelumitinfo daripada kita ikut-ikutan demo tolak kenaikan BBM 2012 mendingan kita ulah tips triks menghemat BBM dengan menggunakan Air lengkap dengan gambar pembuatan alat elektrolis pemecah air-Nya.

Sebetulnya teknologi ini pertama kali dperkenalkan oleh Djoko Sutrisno, warga Kelurahan Pakuncen Jl HOS Cokroaminoto No 76 Yogyakarta, tentang teknologi untuk menghemat bahan bakar minyak (BBM) dengan air mendapat respons dari banyak pembaca. Temuan Djoko Sutrisno ini sudah diaplikasikan di Yogya.

Teknologi ala Djoko Sutrisno ini bisa digunakan untuk sepeda motor dan mobil. Silakan lihat skema teknologi yang ditemukan Djoko Sutrisno untuk mobil dan motor. Ada perbedan sedikit skema aplikasi untuk motor dan mobil.

Mengenai teknologi temuannya, Djoko menjelaskan, air yang akan menjadi sumber energi itu dicampur dengan zat kimia berupa Kalium Hidroksida (KOH). Gas hidrogen tersebut mampu menambah oktan di bensin atau solar, sehingga menjadi lebih hemat.

Berikut gambar pembuatan alat elektrolis sederhana tersebut

Untuk membuat elektroliser, bahan-bahan yang diperlukan :
1. Toples kaca, ukuran 12 x 9 cm, atau silakan pilih ukuran toples masing2

user posted image user posted image user posted image

2. Lembar plastik tebal atau akrilik, dibentuk persegi panjang (sesuai tinggi toples), dilekatkan satu sama lain berbentuk +. Boleh bahan apa saja yang penting tidak dari logam dan tahan air.
3. Kawat stainles steel (Paling mudah pakai string gitar yang no. 3) 2 buah
4. Bekas pentil ban dalam 2 buah (Bisa minta ditempat tambal ban), plus 1 tutup pentil
5. Baut (panjang sekitar 2 cm), mur dan ring, satu pasang.
6. Triflow (cabang 3, bisa dibeli di tempat toko ikan/ alat2 aquarium), plus selang kecil
7. Selang vaccum
8. Kabel (isi dua) sekitar 2 meter
9. Sekering
10. Lighter Plug (bila menggunakan Cigarete lighter di kabin)
11. Lem plastik (Hot Glue)
12. Soda Kue (Sodium bikarbonat) sebagai katalis
13. Demineralised Water (Air Accu/suling, bukan Zuur)

Cara membuat :
1. Lekatkan tempat (lembar plastik) lilitan kawat pada tutup toples menggunakan hot glue.

user posted image user posted image user posted image 2. Lubangi tutup toples, 2 untuk pentil dan 2 untuk baut.
3. Pasang pentil, dan eratkan, tambahkan hot glue agar tidak bocor. Lekatkan selang kecil pada salah satu pentil yang akan dipakai untuk vaccum kontrol, sepanjang tempat lilitan.
4. Pasang baut dan ring disisi dalam tutup toples, kaitkan kawat stainless dan lilitkan sepanjang batang plastik sampai ke dasar, kaitkan diujung dasar. Sama dengan baut yang satunya. kedua kawat jangan saling dihubungkan. Eratkan baut dari sisi luar tutup toples. beri hot glue pada sisi dalam baut dan luar.
5. Sambungkan kabel ke tiap terminal baut. Salah satu kabel dipasang sekering. Sebaiknya disambungkan ke terminal yang “on” saat kunci kontak “on”

Persiapan Operasional
1. Isi toples dengan Air, sisakan 2 cm dibawah permukaan tutup toples, beri satu sendok teh soda kue, aduk hingga larut.
2. Tutup toples dengan erat.

user posted image

3. Sambungkan selang vaccum ke salah satu pentil, tambahkan tri flow, beri cabang ke inlet manifol, dan satunya ke inlet di bagian saringan udara (pre karburator) (lihat gambar).Tutup salah satu pentil dengan tutup pentil.

user posted image

4. Sambungkan kabel pada terminal di toples.
5. Hidupkan kunci kontak, bila didalam toples timbul gelembung putih, maka Hidrogen telah terbentuk.
6. Hidupkan mesin, maka akan ada udara luar yang masuk ke dalam toples, warna air menjadi putih karena penuh dengan gas hidrogen. Selang didalam toples akan mengeluarkan gelembung. Atur vaccum didalam toples dengan memutar tutup pentil.
7. Coba bedakan bunyi mesin, dan bau gas buang.

Sedangkan yg dibawah ini adalah pembuatan dan pemasangan alat pemecah air

Memecah Air

user posted image
Elektroliser saat di aktifkan menghasilkan hidrogen (gelembung keputihan)
serta gelembung oksigen (bening).

user posted image
Saat mesin running, hidrogen bercampur dengan oksigen yang dihasilkan elektrolisis dan udara yang masuk melalui kontrol vakum.

user posted image

Selang vakum diberi sambungan triflow, yaitu dari satu dari toples, ke lubang inlet setelah karburator (untuk mesin saat idle) dan inlet sebelum masuk karburator (sekitar saringan udara, untuk gas penuh).
Kabel untuk suplai tegangan 12 volt pada VW ini memanfaatkan lighter cigarete. Bila tidak ada bisa disambungkan pada instrument yang hanya ada tegangan saat kunci kontak “on” untuk menghindari produksi gas saat mesin mati, jangan lupa ditambahkan sekering.

Dengan reaksi elektrolisis, air dapat dipecah menjadi Hydrogen dan Oksigen. Gabungan keduanya mempunyai daya bakar 8 kali (Ada yang menyebut 1000 kali lipat) yang lebih tinggi daripada bensin. Kombinasi antara bensin, hidrogen dan oksigen akan menghasilkan emisi gas buang yang ramah lingkungan.

Mesin Beetle 1303 ini telah ditambah Elektroliser untuk mensuplai Hidrogen dan Oksigen ke dalam ruang bakar. Hasilnya bensin lebih irit 30% , suara mesin lebih halus, bau asap knalpot tidak menyengat, tarikan

Selamat Menghadapi Kenaikan BBM 2012 dengan cara Hemat Energi

Sumber http://www.kcdj.org/forums/lofiversion/index.php?t1700.html

Tentang vidona

Like,s Korean Love Indonesian News Update religius
Pos ini dipublikasikan di berita, Hobby, info, kiamat, News dan tag , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

4 Balasan ke Mengirit BBM dengan cara Hemat Pake Air

  1. Ping balik: Plat Merah Dilarang Pake Premium | All In One SEMUANYA ADA DISINI

  2. wih mantep gan terusin yah, sukses terus gan

  3. wah bagus nih, tapi mesti harus banyak pengembangannya lagi nih

  4. harga laptop berkata:

    seharusnya pemerintah bisa berpikir jernih untuk menaikan BBM, apakah perlu atau tidak, disaat maraknya kasus korupsi yang terjadi. sehingga membuat rakyat ragu apakah benar dana subsidi ini akan dialihkan untuk kesejahteraan rakyat atau tetap masuk ke kantong para koruptor.

Komentar ditutup.