Planet Baru Lagi GJ 1214b yang layak Huni


Planet Baru Lagi GJ 1214b yang layak Huni

Sekelumitinfo setelah beredar berita Planet Layak Huni Gj 667 cc yang di duga layak dihuni karena memiliki kesamaan kondisi dengan Bumi, sekarang beredar kabar tentang Planet Gj 1214b yang menjadi topik hangat.

GJ 1214 b adalah bumi super luar surya yang mengorbit bintang GJ 1214. Planet ini ditemukan pada tahun 2009 dan berjarak sekitar 40 tahun cahaya dari Bumi. GJ 1214 b terletak di rasi bintang Ophiuchus dan merupakan planet luar surya kedua yang memiliki masa dan jari-jari lebih kecil daripada raksasa gas di Tata Surya. Planet ini juga penting karena kemiripannya dengan Bumi, dan juga hanya mengelilingi satu bintang kecil, sehingga atmosfernya dapat dipelajari dengan teknologi yang ada. (Wikipedia)

Tahun 2009,  planet GJ 1214b ditemukan oleh tim astronom. Planet yang satu ini menarik perhatian karena ia merupakan planet pertama yang ditemukan memiliki atmosfer yang cukup tebal. Apalagi dengan posisinya yang juga tidak jauh dari bintang induknya meskipun planet GJ 1214b merupakan planet yang dingin, tapi ia cukup hangat untuk bisa mempertahankan air di dalamnya untuk tetap berwujud cair.

Dalam pengamatan di tahun 2009 saat planet GJ 1214b ditemukan para astronom menduga 3 teori kemungkinan untuk keberadaan atmosfer di planet tersebut. Teori pertama menyebutkan kalau planet ini dikelilingi oleh air, dalam bentuk uap air. Hal ini karena si planet berada dekat dengan bintang.  Yang kedua adalah kemungkinan kalau planet GJ 1214b merupakan planet batuan yang atmosfernya sebagian besar merupakan hidrogen. Dan kemungkinan ketiga adalah  GJ 1214b  merupakan Neptunus mini dengan inti batuan dan atmosfer bagian dalam kaya dengan hidrogen.

Di tahun 2010, hasil pengamatan spektroskopik yang dipimpin oleh Jacob Bean (Harvard–Smithsonian Center for Astrophysics) menunjukkan tidak ada tanda-tanda keberadaan hidrogen di atmosfer GJ 1214b. Dengan demikian kemungkinan ke-3 pun gugur.  Terisa dua kemungkinan lain terkait kandungan atmosfer di planet GJ 1214b. Apakah ia kaya dengan uap air atau justru diselimuti awan dan kabut.

Apakah GJ 1214b akan tetap menjadi misteri? (selengkapnya di Langitselatan)

Dunia Baru GJ 1214b
Jika kita menilik Tata Surya, maka planet yang mengelilingi Matahari tidaklah seragam. Ada setidaknya 3 tipe planet yakni planet batuan atau dikenal juga sebagai planet kebumian (Merkurius, Venus, Bumi dan Mars), planet gas raksasa (Jupiter dan Saturnus) dan planet es raksasa (Uranus dan Neptunus). Itu baru di Tata Surya. Pada sistem keplanetan yang mengorbit bintang selain matahari, tipe planet yang ditemukan jauh lebih beragam, termasuk di dalamnya planet lava dan planet Jupiter panas.

Pengamatan Teleskop Hubble pada planet GJ 1214b ternyata menghasilkan cerita baru sekaligus menambahkan satu lagi tipe baru planet. Astronom Zachory Berta dari Harvard-Smithsonian Center for Astrophysics, melakukan analisa data GJ 1214b dan berhasil membuktikan kalau planet GJ 1214b tersebut merupakan sebuah planet air yang diselimuti atmosfer uap tebal.

Dan menariknya lagi, GJ 1214b ini tidak seperti planet lain yang sudah diketahui selama ini. Sebagian besar massanya justru tersusun oleh air!

Iklan

Tentang vidona

Like,s Korean Love Indonesian News Update religius
Pos ini dipublikasikan di berita, Hobby, info, kiamat, News, Phenomenal, Religus Tips dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.