Aura Damai Pilkada Aceh 2012 jadi Model Dunia Internasional


Aura Damai Pilkada Aceh 2012 jadi Model Dunia Internasional

Sekelumitinfo Pilkada yang akan berlangsung di Aceh tahun 2012 ini menjadi pusat perhatian tidak saja bagi bangsa indonesia, ternyata dunia internasional juga memantau pesta demokrasi rakyat yang akan berlangsung di Nangro Aceh Darussalam (NAD) banyak pemantau asing yang sengaja di sebar untuk dapat memantau dan mengetahui seputar pelaksanaan Pilkada Aceh 2012 ini.

Kita Patut berbangga karena menurut Dunia Internasional PILKADA ACEH dapat dijadikan Model sebagai Pilkada Damai terlebih bila dibandingkan dengan pilkada di beberapa negara tetangga seperti Philipina.

Head of Mission ANFREL (Asian Network For Free Elections) Mr. Damaso G. Magbual dari Philippines memberikan komentarnya ketika Konferensi Pers selesai mengadakan pertemuan dengan Penjabat Gubernur Ir. Tarmizi A. Karim di Ruang Rapat Gubernur Kamis, 5/4.

“Bila dibandingkan dengan Philipina, yang masih terus menghadapi persoalan dan masalah-masalah. Sementara Aceh sudah banyak mengalami kemajuan dan sudah lebih baik dalam melaksanakan demokrasi pada masa-masa perdamaian serta sukses pada pemilukada tahun 2006 sehingga Aceh menjadi model Pilkada Damai.” Ungkap Damaso.

Ditambahkan Damaso lagi bahwa demokrasi memang bukan perkara mudah dalam pelaksanaannya akan ada pahit dan sakit, namun yang harus terus dipertahankan adalah semangat untuk membangun sukses demokrasi dan sukses perdamaian.
Sementara Mission Director ANFREL untuk Indonesia Ical Supriadi mengatakan sudah menerjunkan 11 orang Internasional dan juga staf lokal baik untuk pemantauan jangka panjang maupun pemantau pelaksanaan Pilkada tanggal 9 April mendatang. Tim ini tersebar pada seluruh titik-titik rawan di seluruh kabupaten/kota di Aceh dan akan memantau kegiatan pra pemilu hingga akhir dari Pemiluda tersebut, dan terkait misi ini timnya sudah mendapat izin dari Menteri Luar Negeri, KIP dan KPU pusat.

Penjabat Gubernur Aceh Ir. Tarmizi A. Karim dalam kesempatan yang sama mengatakan bahwa keberadaan ANFREL di Aceh untuk melakukan pemantauan Pemilihan Gubenur, Bupati dan Walikota yang akan di laksanakan tanggal 9 April mendatang.
“Sejauh mana yang sudah pemerintah lakukan untuk pelaksanaan pilkada dan terkait pilkada damai yang sudah diluncurkan.” Itu yang ingin diketahui oleh ANFREL dalam koordinasi hari ini, ungkap Tarmizi kepada awak media.

Sumber Beritahttp://pemilukada-damai.org/berita/aceh-model-pilkada-damai-di-mata-internasional.htmlPelaksanaan PILKADA sepenuhnya dilakukan oleh KIP Provinsi, Kabupaten/kota namun Pemerintah Aceh bersama dengan muspida (POLDA dan Pangdam) akan mendukung dalam hal pengamanan Pilkada. Meskipun dari segi kemanan sudah di tangan Pangdam dan Kapolda, tetapi seluruh stakes holder juga akan dikerahkan untuk berpartisipasi mendukung suksesnya pelaksanaan Pilkada damai urainya lagi.

Iklan

Tentang vidona

Like,s Korean Love Indonesian News Update religius
Pos ini dipublikasikan di berita, info, News, pilkada, pilkada aceh, pilkada banten, Religus Tips dan tag , , , , , , . Tandai permalink.