Gugat Menggugat Pilkada Aceh 2012 ?? NO


Gugat Menggugat Pilkada Aceh 2012 ?? NO

Aura Gugat Menggugat khususnya dalam PILKADA yang hampir bisa dipastikan terjadi pada setiap Pemilihan Kepala Daerah; Baik itu Gubernur, Walikota, Bupati,sampai pemilihan kepala Desa.

Pilkada Aceh 2012 yang telah berhasil dilaksanakan secara serentak pada 9 April 2012 yang lalu sejak awal sudah penuh Aura Gugat Menggugat mulai dari peraturan, pencalonan, calon independent dan aneka konflik yang terjadi sebelum, selama dan setelah Pilkada Aceh 2012 digelar.

Lupakan Gugat-menggugat, Bangun Aceh Bersama-sama

Mahkamah Konstitusi (MK) akhirnya menolak permohonan gugatan perselisihan hasil Pilkada 2012 yang diajukan pasangan calon gubernur/calon wakil gubernur Aceh Irwandi Yusuf/Muhyan Yunan. MK tidak menemukan bukti kuat pelanggaran yang terjadi dalam Pilkada Aceh yang bersifat terstruktur, sistematis, dan massif.

Mahkamah justru berpendapat, pelanggaran itu terjadi secara sporadis, tidak melalui perencanaan yang matang, karena kapasitas pihak terkait (Zaini Abdullah/Muzakir Manaf) bukan sebagai incumbent atau pejabat pemerintahan yang dapat menggerakkan struktur yang ada untuk memengaruhi pemilih supaya memilih mereka.

Analisis dan penilaian majelis hakim MK terhadap tiga kriteria dimaksud (terstruktur, sistematis, dan massif) sangatlah penting, karena ketiganya merupakan syarat yuridis bagi MK dalam memutus perkara apakah sebuah pemilu atau pilkada berlangsung curang, sehingga perlu dibatalkan dan diulang atau tidak.

Dalam kaitannya dengan gugatan Irwandi cs, pada kenyataannya majelis hakim yang diketuai Prof Mahfud MD dalam sidang akhir di Gedung MK, Jakarta, Jumat (4/5), tidak meyakini kebenaran dalil pemohon yang mengklaim adanya intimidasi dan teror pada hari pencoblosan pilkada di Aceh, tanggal 9 April lalu.(Selengkapnya TribunNews Aceh)

 

Iklan

Tentang vidona

Like,s Korean Love Indonesian News Update religius
Pos ini dipublikasikan di berita, info, News, pilkada, pilkada banten dan tag , , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Gugat Menggugat Pilkada Aceh 2012 ?? NO

  1. Ping balik: Gugat Menggugat Pilkada Jabar 2013 | All In One SEMUANYA ADA DISINI

Komentar ditutup.