Aneka Tanda Tanya Kecelakaan Pesawat Sukhoi Makin..


Aneka Tanda Tanya Kecelakaan Pesawat Sukhoi Makin..

Sekelumitinfo aneka mistery dan Tanda Tanya Makin Banyak beredar seputar penyebab dan kronologi kecelakaan jatuhnya Pesawat Sukhoi 9 Mei 2012

1. Rute demo flight yang tak lazim

Rute yang ditempuh dalam kegiatan demo flight itu tidak lazim. Bahkan seharusnya tidak boleh di jalur yang dilewati itu. Menurut annex ICAO pasal 11 dan 12,  kegiatan demo flight haruslah di rute yang benar-benar aman. Di antaranya, tidak banyak halangan seperti gunung dan cuaca gampang berubah.

2. Permintaan pilot untuk turun ke ketinggian 6 ribu kaki

Pilot Sukhoi itu adalah pilot senior. Harusnya tahu bahwa ketinggian 10 ribu kaki itu justru yang lebih aman. Kalaupun mau menghindarkan awan yang sulit ditembus, harusnya memilih ke ketinggian lebih tinggi. Bukannya malah turun. Kejanggalan ini berpadu dengan approval dari ATC yang harusnya melarang turun, tetapi malah membolehkannya.

3. ELT yang tidak menangkap sinyal Darurat

  • ELT (Emergency Location Transmitter) yang seharusnya bisa mengirimkan sinyal darurat justru tidak tertangkap sinyalnya oleh otoritas Indonesia dan negara tetangga. Padahal pesawat ini diklaim menggunakan teknologi terkini dan canggih. Mengapa ini bisa terjadi?

4. Demo flight harusnya andalkan Visual Flight

Masih terkait kawasan yang akan dilalui tadi. Penerbangan dalam rangka demo flight, harusnya mengandalkan visual flight dan bukan semata-mata instrumental flight. Karena itu, pemilihan lokasi yang tepat menjadi persyaratan utama.

“Ada pelanggaran SOP demo flight, masih terkait rute itu juga,” tegas Ruth.

5. Ground Proximity Warning System tidak berfungsi?

Masih soal kecanggihan pesawat dan perangkat wajib yang harus dimiliki sesuai aturan ICAO. Menurut Ruth, harus dipertanyakan apakah pesawat itu memiliki alat Ground Proximity Warning System (GPWS).

Iklan

Tentang vidona

Like,s Korean Love Indonesian News Update religius
Pos ini dipublikasikan di berita, info, News dan tag , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.