Aneka Berita Konflik Perseteruan USA VS IRAN


Aneka Berita Konflik Perseteruan USA VS IRAN

Beberapa pekan terakhir, media massa memang kembali menyuguhkan banyak cerita tentang konflik Iran dengan Amerika. Bermula dari program nuklir yang dikembangkan oleh Iran yang ternyata itu telah menjadi perhatian serius bagi sebuah negara adikuasa, Amerika. Dan ternyata itu telah berpengaruh terhadap suasana politik dunia. Kita mengetahui bahwa suhu politik dunia memang telah banyak berpengaruh terhadap berbagai perkembangan kehidupan manusia akhir-akhir ini (Dinar Emas)

Retorika perang baru-baru ini meningkat antara Amerika Serikat dan Iran. Para angkatan laut AS USS Lincoln kapal perang dikatakan bergerak menuju Teluk Persia. Amerika Serikat juga telah mempercepat pengembangan bom 13,6 ton Ordnance Penetrator besar-besaran, yang mampu menghancurkan fasilitas nuklir bawah tanah Iran. Menyimpang dari sanksi dan embargo yang dikenakan oleh Barat, Iran telah mempertahankan dan memperluas program nuklirnya. Sementara Iran telah berulang kali menegaskan bahwa program nuklirnya adalah untuk tujuan damai, Amerika Serikat mengklaim bahwa Teheran sedang mengembangkan senjata nuklir yang menimbulkan ancaman bagi keamanan global.

Ketegangan antara Amerika Serikat dan Iran mencapai tingkat baru-baru ini ketika Presiden Iran Ahmadinejad Mahmhoud meluncurkan produksi batang bahan bakar uranium yang diperkaya di Teheran. Dia juga mengumumkan pengaturan dari empat reaktor nuklir lebih, menunjukkan bahwa Barat telah maju teknologi nuklirnya.

Amerika Serikat telah sekali terhadap menyerukan kepada masyarakat internasional untuk hubungan berat dengan Iran. Tapi Ahmadinejad tampaknya tidak terpengaruh. Dia mengumumkan, “Beberapa 6.000 sentrifugal yang beroperasi [di fasilitas Natanz], dan 3.000 yang baru telah ditambahkan, sehingga total menjadi 9.000.” Dia juga meyakinkan bahwa Iran akan berbagi informasi ini dengan Badan Energi Atom Internasional (IAEA) dan sesuai dengan perlindungan IAEA. Ke Amerika Serikat, Ahmadinejad menegaskan, “Era bangsa intimidasi telah melewati The kekuatan arogan tidak bisa memonopoli teknologi nuklir.. Mereka berusaha mencegah kami dengan mengeluarkan sanksi dan resolusi tapi gagal.”

Apa yang selama ini dikhawatirkan berbagai pihak sepertinya akan menjadi kenyataan, perang timur tengah antara Iran vs Israel sudah diawali dengan berbagai statement / pernyataan keras dan mengancam dari para petinggi 2 ( dua ) negara tersebut. Keadaan ini sebenarnya dipicu oleh ketakutan Amerika dan sekutu utama nya Israel serta negara-negara barat akan perkembangan teknologi nuklir yang dikembangkan oleh negara Islam Iran.

Iran sendiri dalam banyak kesempatan selalu mengatakan teknologi nukllir yang mereka jalankan adalah untuk tujuan damai seperti penelitian dan sumber daya energi yang bisa terbarukan, dan bukan untuk membuat suatu senjata nuklir / pemusnah masal. Pernyataan ini tidak ditanggapi oleh Amerika, Israel dan banyak negara barat lainnya, terlebih adanya laporan dari Badan Pengawas Nuklir PBB ( IAEA ) bahwa Iran memang tengah melakukan pengembangan nuklir untuk meningkatkan teknologi persenjataan mereka, bahkan sudah dimulai sejak tahun 2003 dengan bantuan ahli nuklir masa Uni Soviet.

Gambar Reaktor nuklir Iran

Berbagai sanksi internasional pun telah banyak pula dialami Iran, namun semangat mengembangkan teknologi nuklir yang mereka lakukan tidak juga surut atau terhenti, Presiden Islam Iran Mahmoud Ahmadinejad sendiri menegaskan bahwa negaranya tidak akan tunduk pada tekanan dan desakan berbagai pihak seperti negara barat dan para sekutunya untuk menghentikan program nuklir yang dikembangkannya.

Saling ancam dantara Iran dan Israel pun kemudian terjadi, mengingat Israel adalah negara yang paling merasa terancam dengan kemampuan Iran menciptakan senjata nuklir, selain karena jarak yang cukup dekat juga karena Israel merupakan musuh bersama umat Islam dunia yang sampai saat ini masih terus saja membuat onar di kawasan Timur Tengah terlebih pada negara Islam Palestina.

Reaktor nuklir Iran yang terletak di selatan kota Bushehr, Iran

Sumber Selengkapnya

Iklan

Tentang vidona

Like,s Korean Love Indonesian News Update religius
Pos ini dipublikasikan di berita, info, kiamat, News, Religus Tips dan tag , , , , , , . Tandai permalink.