Aura Peringatan Hari Lahirnya Pancasila 2012


Aura Peringatan Hari Lahirnya Pancasila 2012

Sekelumitinfo Pancasila sebagai Dasar Negara Republik Indonesia Sumber Segala Sumber Hukum di negara Indonesia menjadi sumber hukum tertinggi di dalam tata Urutan Peraturan Perundang- undangan.

Berikut adalah Aneka Berita dan Sejarah Lahirnya Pancasila

Karena Tugas, SBY Tak Hadir Peringatan Lahirnya Pancasila

Lahirnya Pancasila adalah melalui proses Panjang :

Dalam upaya merumuskan Pancasila sebagai dasar negara yang resmi, terdapat usulan-usulan pribadi yang dikemukakan dalam Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia yaitu :
Lima Dasar  oleh Muhammad Yamin, yang berpidato pada tanggal 29 Mei1945. merumuskan lima dasar sebagai berikut: Peri Kebangsaan, Peri Kemanusiaan, Peri Ketuhanan, Peri Kerakyatan, dan Kesejahteraan Rakyat. Dia menyatakan bahwa kelima sila yang dirumuskan itu berakar pada sejarah, peradaban, agama, dan hidup ketatanegaraan yang telah lama berkembang .
‘Panca Sila” oleh Soekarno yang dikemukakan pada tanggal 1 Juni1945dalam pidato spontannya yang kemudian dikenal dengan judul ”Lahirnya Pancasila”. Soekarno mengemukakan dasar-dasar sebagai berikut: Kebangsaan; Internasionalisme; Mufakat, dasar perwakilan, dasar permusyawaratan; Kesejahteraan; Ketuhanan. Nama Pancasila itu diucapkan oleh Soekarno dalam pidatonya pada tanggal 1 Juni itu, katanya:”Sekarang banyaknya prinsip: kebangsaan, internasionalisme, mufakat, kesejahteraan, dan ketuhanan, lima bilangannya. Namanya bukan Panca Dharma, tetapi saya namakan ini dengan petunjuk seorang teman kita ahli bahasa – namanya ialah Pancasila. Sila artinya azas atau dasar, dan diatas kelima dasar itulah kita mendirikan negara Indonesia, kekal dan abadi.”

Setelah Rumusan Pancasila diterima sebagai dasar negara secara resmi beberapa dokumen penetapannya ialah :
* Rumusan Pertama : Piagam Jakarta(Jakarta Charter) – tanggal 22 Juni 1945
* Rumusan Kedua : Pembukaan Undang-undang Dasar – tanggal 18 Agustus 1945
* Rumusan Ketiga : Mukaddimah Konstitusi Republik Indonesia Serikat – tanggal 27 Desember 1949
* Rumusan Keempat : Mukaddimah Undang-undang Dasar Sementara – tanggal 15 Agustus 1950
* Rumusan Kelima : Rumusan Kedua yang dijiwai oleh Rumusan Pertama (merujuk Dekrit presiden Dekrit Presiden 5 Juli 1959

Sumber Wikipedia

Tentang vidona

Like,s Korean Love Indonesian News Update religius
Pos ini dipublikasikan di berita, Hobby, info, News, Phenomenal, Religus Tips dan tag , , , , , , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Aura Peringatan Hari Lahirnya Pancasila 2012

  1. yisha berkata:

    wah, post keren! 🙂

Komentar ditutup.