Tema dan Pedoman Peringatan Hari Pahlawan 2012


Tema dan Pedoman Peringatan Hari Pahlawan 2012

Jangan Lupa, wajib mengheningkan Cipta pada Peringatan Hari Pahlawan 10 November 2012; begitulah judul yang tertera jika anda mencoba mencari kata “Peringatan Hari Pahlawan 2012” dari situs Depdagri.go.id disana dapat kita temui Tema dan Pedoman Pelaksanaan Peringatan Hari Pahlawan 2012, Tema Peringatan Hari Pahlawan ke 67 ini adalah ”Semangat Kepahlawanan Untuk Indonesia Sejahtera”.

Mensesneg berharap agar masyarakat berperan serta dalam Peringatan Hari Pahlawan dengan cara menyebarluaskan nilai-nilai kepahlawanan, menggugah hati orang untuk berbuat  yang bermanfaat bagi kemajuan negeri,  demi tercapainya kesejahteraan rakyat sebagaimana.

Upacara peringatan Hari Pahlawan secara nasional akan diselenggarakan di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata tanggal 10 November 2012 pukul 08.00 WIB. Selain upacara, acara peringatan Hari Pahlawan juga akan diisi dengan kegiatan Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional di Istana Negara dan pidato menyambut Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2012 oleh Menteri Sosial yang akan dilaksanakan di TVRI/RRI pada Jumat (9/11) pukul 19.00 WIB.

Mensesneg meminta kepada semua pimpinan lembaga-lembaga negara, para menteri, Panglima TNI, Kapori, Jaksa Agung, Gubernur BI, para pimpinan Lembaga Pemerintah Non Kementerian, Gubernur, Bupati, Walikota, pimpinan BUMN/BUMD, serta Kepala Perwakilan RI di Luar Negeri agar menyelenggarakan Upacara Peringatan Hari Pahlawan pada 10 November 2012 di lingkungan kerja masing-masing.

“Hening Cipta selama 60 detik secara serentak dilaksanakan pada Upacara Ziarah Nasional di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata  Jakarta sebagai titik komando ditandai dengan bunyi sirine di Taman Makam Pahlawan Nasional Kalibata selama 1 menit,” jelas Sudi.

Adapun pelaksanaan Hening Cipta  di provinsi dan Kabupaten / Kota, menurut Sudi, dilaksanakan pada  pada Upacara Bendera di halaman   Kantor Gubernur / Kabupaten / Kota, sebagai titik komando ditandai dengan bunyi sirine di tempat-tempat upacara antara lain Kantor-kantor/Instansi Pemerintah, Swasta dan lain-lain, selama 1 menit.

Setiap orang yang mendengar tanda-tanda dimulainya Hening Cipta, lanjut Mensesneg, wajib menghentikan kegiatan selama 60 detik untuk Hening Cipta, yaitu yang   berada di pasar, stasiun Kereta Api, Terminal Bis, Pelabuhan Udara / Laut dan tempat keramaian lainnya.rumah-rumah,jalan Raya ( dalam kota ), kantor, sekolah dan pabrik yang tidak terlibat pada upacara bendera, dalam kendaraan umum/pribadi yang  berada di jalan raya (dalam kota) agar menghentikan kendaraannya.

“Di kapal laut, hening cipta diumumkan oleh Nakhoda Kapal, di pesawat terbang hening cipta diumumkan oleh pilot, dan di kereta api yang sedang berjalan hening cipta diumumkan oleh ketua regu yang berada di dalam gerbong restorasi,” lanjut Sudi.

Ketua Umum Panitia Pusat Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2012  Tinton Soeprapto mengatakan hening cipta untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menghormati dan menghargai jasa-jasa pahlawannya, melestarikan dan memasyarakatkan Nilai Kepahlawanan, Keperintisan, dan Kesetiakawanan Sosial untuk dapat dihayati, diamalkan dan didayagunakan sehingga menjadi bagian dari sikap dan perilaku kehidupan sehari-hari segenap bangsa Indonesia dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa  dan bernegara. Selain itu juga untuk menanamkan dan mengembangkan jiwa, semangat serta cita-cita para Pahlawan di kalangan masyarakat dalam mensukseskan pembangunan nasional

Sumber : Depdagri.co.id

Baca Juga:

Aneka Info Hari Pahlawan 2012

Tentang vidona

Like,s Korean Love Indonesian News Update religius
Pos ini dipublikasikan di berita, info, News, Phenomenal, Religus Tips dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Tema dan Pedoman Peringatan Hari Pahlawan 2012

  1. yisha berkata:

    kaka mengheningkan cipta?

Komentar ditutup.