Ucapan Selamat Tahun Baru1436 H


Ucapan Selamat Tahun Baru 1436 H

SELAMAT TAHUN BARU 1434 H MOHON MAAF LAHIR BATHIN

Beberapa Hari Lagi kita akan meninggalkan Tahun 1435 H dan akan memasuki Tahun Baru Islam atau Tahun Baru Hijriah 1436 H, sebagaimana awal mula ditetapkannya berdasarkan Hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Mekah ke madinah.

Penetapan kalender Hijriyah dilakukan pada jaman Khalifah Umar bin Khatab, yang menetapkan peristiwa hijrahnya Rasulullah saw dari Mekah ke Madinah. Kalender Hijriyah juga terdiri dari 12 bulan, dengan jumlah hari berkisar 29-30 hari. Penetapan 12 bulan ini sesuai dengan firman Allah Subhana Wata’ala: ”Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah ialah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya; dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa.” (QS : At Taubah(9):36). Sebelumnya, orang Arab pra-kerasulan Rasulullah Muhammad SAW telah menggunakan bulan-bulan dalam kalender hijriyah ini. Hanya saja mereka tidak menetapkan ini tahun berapa, tetapi tahun apa. Misalnya saja kita mengetahui bahwa kelahiran Rasulullah SAW adalah pada tahun gajah.Abu Musa Al-Asyári sebagai salah satu gubernur di zaman Khalifah Umar r.a. menulis surat kepada Amirul Mukminin yang isinya menanyakan surat-surat dari khalifah yang tidak ada tahunnya, hanya tanggal dan bulan saja, sehingga membingungkan. Khalifah Umar lalu mengumpulkan beberapa sahabat senior waktu itu. Mereka adalah Utsman bin Affan r.a., Ali bin Abi Thalib r.a., Abdurrahman bin Auf r.a., Sa’ad bin Abi Waqqas r.a., Zubair bin Awwam r.a., dan Thalhan bin Ubaidillah r.a. Mereka bermusyawarah mengenai kalender Islam. Ada yang mengusulkan berdasarkan milad Rasulullah saw. Ada juga yang mengusulkan berdasarkan pengangkatan Muhammad saw menjadi Rasul. Dan yang diterima adalah usul dari Ali bin Abi Thalib r.a. yaitu berdasarkan momentum hijrah Rasulullah SAW dari Makkah ke Yatstrib (Madinah). Maka semuanya setuju dengan usulan Ali r.a. dan ditetapkan bahwa tahun pertama dalam kalender Islam adalah pada masa hijrahnya Rasulullah saw. Sedangkan nama-nama bulan dalam kalender hijriyah ini diambil dari nama-nama bulan yang telah ada dan berlaku pada masa itu di wilayah Arab. (Wikipedia.org)

Berkenaan dengan Peringatan Tahun Baru Islam 1434 H ini alangkah baiknya di akhir akhir hari Tahun 1433  H ini kita Maknai dengan melakukan Muhasabah dan menghitung2 kembali apa yang sudah kita lakukan selama tahun 1433 H yang sebentar lagi akan berakhir??  Apakah amalan Malaikat atau Amalan Saithan yang lebih banyak kita lakukan Amal Baik ataukah Amal Buruk?? Kemudian hendaknya kita bersiap diri untuk menyambut Tahun Baru 1434 H dengan melakukan Hijrah secara Maknawi dengan meninggalkan Amalan Syaithan menuju Amalan Malaikat atau Meninggalkan Amalan Buruk Menuju Amal Shaleh.

Tekad dan semangat untuk Berhijrah ke-arah yang Diridhoi oleh Allah Tuhan Penguasa Segalanya harus kita pupuk dan tumbuh kembangkan untuk men jadi Insan yang sesuai dengan Amanah yang sudah diberikan oleh Sang Pemberi Hidup dan Kehidupan Ini.

Akhirnya Sekelumitinfo Mengucapkan “SELAMAT TAHUN BARU 1434 H” MOHON MAAF LAHIR BATHIN Semoga kota dibimbing dan diberi kekuatan untuk BERHIJRAH Ke JALAN YG DIRIDHOI-NYA  Amiiin Yaa Robbal Alamiiin

Tentang vidona

Like,s Korean Love Indonesian News Update religius
Pos ini dipublikasikan di berita, idul adha 1432 /2011, info, kiamat, News, Religus Tips, SMS gaul, sms lucu dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

5 Balasan ke Ucapan Selamat Tahun Baru1436 H

  1. RAHMA AYYUE THEA berkata:

    SELAMAT TAHUN BARU 1434 H, semoga amal baik kita di terima oleh ALLAH SWT …
    AMIINN

  2. Ping balik: Aneka Ritual Islami 1 Suro atau 1 Muharram | All In One SEMUANYA ADA DISINI

  3. Ping balik: Aneka Kumpulan Kata Mutiara Motivasi Bijak Lucu Terindah Terbaru | All In One SEMUANYA ADA DISINI

  4. yisha berkata:

    Selamat Tahun Baru 1434 H, kakaaaaaaaaaaaa…….

Komentar ditutup.