Aneka Alat Musik Berbahan Sampah Daur Ulang By Dodong Kodir Makin..


Aneka Alat Musik Berbahan Daur Ulang By Dodong Kodir Makin..

Saluut dengan kreasi dan kreativitas dari seseorang Sosok lelaki kelahiran Tasikmalaya, 8 November 1951 yang bernama Dodong Kodir yang juga memiliki group bernama Lungsuran Daun; Aneka Alat Musik dengan Aneka Bahan Sampah yang didaur Ulang kembali menjadi aneka alat musik yang khas unieq dan telah berhasil membawa Dododng Kodir melanglang buana ke Aneka Negara/negeri di seantero penjuru Dunia.

Sejak 1996 dia kerap manggung di luar negeri, juga diundang bicara berkat ketekunannya memperlakukan sampah. Beberapa negara yang pernah dia kunjungi antara lain Denmark, Jepang, Belgia, Yunani, Prancis, dan Amerika Serikat.

Sulangsong bahkan menjadi intro orkestra bagi konser 100 tahun Mozart “La Flute Enchantee” yang diselenggarakan UNESCO di Prancis tahun 2006.  Sulangsong adalah singkatan Suling Asal Song Song yg merupakan sebuah seruling dari Bambu Besar yang semula pada awalnya sempat dicemoohkan oleh rekan2 Dodong Kodir  dan perajin tempat Dodong Kodir memesan Suling dari Bambu Besar tersebut.

Aneka macam sampah, menghasilkan Aneka macam efek suara. Mulai dari suara pesawat jet, lokomotif, binatang, suasana, hingga alat musik modern. Alat musik mana yang dianggap temuan paling top? Dia menyebut Banyu (yang terinspirasi dari Tsunami Aceh 2004) dan Tornadong (terinspirasi Situ Gintung).

Tornadong sendiri alat musik dari buah walung kering, ditutup fiber tipis, untuk membunyikannya per yang menjuntai dari dalam digoyangkan, hasilnya gemuruh angin tornado dan suara petir. “Itu ibarat temuan kejutan buat saya,” katanya.

Nama-nama alat musiknya sendiri cenderung asal-asalan. Kebanyakan dinamakan spontan. Tapi rata-rata merujuk pada namanya. Seperti Alpedong (alat peting Dodong), Bassdong (Bass Dodong). (dari Yahoo)

Tentang vidona

Like,s Korean Love Indonesian News Update religius
Pos ini dipublikasikan di berita, Hobby, info, News, Pariwisata, Phenomenal, Uncategorized, video dan music dan tag , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

5 Balasan ke Aneka Alat Musik Berbahan Sampah Daur Ulang By Dodong Kodir Makin..

  1. irene berkata:

    apa bisa minta alamat/contact pak dodong kodir? trims

  2. yisha berkata:

    keyen ya kaaaaaaaaaaaa………………….. 😀

  3. Larasati berkata:

    luar biasa yah……indonesia kurang menghargai karya2 seniman yg beginian yah..malah luar negeri yg gemar mencari seniman2 ginian…sukses yaahh utk pak dodong

Komentar ditutup.