Aura Soeharto 1 Maret 1949


Aura Soeharto 1 Maret 1949

Aura Soeharto 1 Maret 1949

Presiden Republik Indonesia Kedua Soeharto dalam sejarahnya terkait erat dengan Serangan Umum 1 Maret 1949 :

Serangan Umum 1 Maret 1949 adalah serangan yang dilaksanakan pada tanggal 1 Maret1949 terhadap kota Yogyakarta secara besar-besaran yang direncanakan dan dipersiapkan oleh jajaran tertinggi militer di wilayah Divisi III/GM III dengan mengikutsertakan beberapa pucuk pimpinan pemerintah sipil setempat berdasarkan instruksi dari Panglima Besar Sudirman, untuk membuktikan kepada dunia internasional bahwa TNI – berarti juga Republik Indonesia – masih ada dan cukup kuat, sehingga dengan demikian dapat memperkuat posisi Indonesia dalam perundingan yang sedang berlangsung di Dewan Keamanan PBB dengan tujuan utama untuk mematahkan moral pasukanBelanda serta membuktikan pada dunia internasional bahwa Tentara Nasional Indonesia (TNI) masih mempunyai kekuatan untuk mengadakan perlawanan. Soeharto pada waktu itu sebagai komandan brigade X/Wehrkreis III turut serta sebagai pelaksana lapangan di wilayah Yogyakarta.

Pada serangan Umum 1 Maret 1949 ini Aura Soekarno sudah terlihat, dalam serangan Umum 1 Maret 1949 tersebut dikabarkan adanya cerita mistis tentang kekebalan Soeharto yang bak tidak mempan ditembak sebagaimana kutipan berikut:

Dalam buku ‘Pak Harto Untold Stories’ karya Mahpudi Cs, Soerjono yang saat itu menjadi staf Letkol Soeharto menyebut bahwa serangan umum 1 Maret sudah sangat dipersiapkan secara matang. Sejak sore hari para prajurit TNI telah memasuki Kota Yogyakarta dengan menyusup. Pos komando ditempatkan di desa Muto. Malam hari, menjelang serangan umum itu, pasukan telah merayap mendekati kota.Sebelum serangan dilakukan, Pak Harto sering mengirim telik sandi (mata-mata) ke Kota Yogyakarta dan Keraton. Para komandan pun sering dipanggil untuk mematangkan strategi perang gerilya,” ujar Soejono.Pagi hari sekitar pukul 06.00, sewaktu sirene tanda jam malam berakhir berdering, serangan segera dilancarkan ke segala penjuru kota. Dalam penyerangan ini Letkol Soeharto langsung memimpin pasukan dari sektor barat sampai ke batas Malioboro.

Tentang vidona

Like,s Korean Love Indonesian News Update religius
Pos ini dipublikasikan di berita, info, News, Phenomenal, religius dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Aura Soeharto 1 Maret 1949

  1. LeagueSoccer berkata:

    wah pembahasannya tanggung -__- jd penasaran apa iya kebal atau gk tuh Pak Suharto

  2. yisha berkata:

    wow………
    yisha ngga paham …….kebal?

Komentar ditutup.