Aneka Konsep Definisi Dalam Sensus Pertanian 2013 (ST-2013) Bagian 1


Aneka Konsep Definisi Dalam Sensus Pertanian 2013 (ST-2013)

Sensus Pertanian 2013 (ST-2013)

Sensus Pertanian yang akan diselenggarakan oleh Badan Pusat Statistik di Tahun 2013 ini merupakan Sensus Pertanian yang Ke-enam kali sejak Sensus Pertanian pertama kali pada tahun 1963 dan berturut setiap sepuluh Tahun 1973, 1983, 1993, dan 2003. Sensus pertanian  pada tahun 2013 mengusung tema “Menyediakan Informasi untuk Masa Depan Petani yang Lebih Baik”. Berikut adalah Aneka Konsep Definisi yang digunakan Dalam Sensus Pertanian 2013.

Usaha tanaman pangan

adalah kegiatan pertanian yang menghasilkan produk tanaman pangan (padi dan palawija ) dan bukan sebagai buruh tani atau pekerja keluarga selama setahun yang lalu.

Usaha Peternakan

Adalah kegiatanpemeliharaan ternak (meliputipenggemukan/pembibitan/pengembangbiakan/pemacekan)yang menghasilkan produkpeternakan dengan tujuan sebagianatau seluruh hasilnya dijual/ditukar atas risiko usaha.

Rumah tangga peternakan yang dicakup adalah:

  1. Rumah tangga yang mengusahakan/memelihara ternak pada tanggal 1 Mei2013.
  2. Rumah tangga yang memelihara ayam ras pedaging meskipun pada tanggal 1Mei 2013 sedang tidak melakukan pemeliharaan (pengosongan kandang).
  3. Rumah tangga yang memelihara sapipotong, sapi perah, dan kerbau meskipun tidak untuk tujuan dijual atau ditukar (konsumsi sendiri/hobi/angkutan/perdagangan/membajak)

Usaha tanaman hortikultura

adalah kegiatan hortikultura yang menghasilkan produk tanaman sayuran, tanaman buah-buahan,tanaman hias dan tanaman obat dengan tujuan sebagian atau seluruh hasilnya dijual/ditukar atas risiko usaha.

Usaha pembibitan tanaman hortikultura tidak dicakup dalam kegiatan ini.

Bersambung untuk Aneka Konsep Definisi Dalam Sensus Pertanian 2013 Bagian 2

Tentang vidona

Like,s Korean Love Indonesian News Update religius
Pos ini dipublikasikan di aneka, berita, info, News dan tag , , , , , , , , . Tandai permalink.