Malam Tahun Baru 2014


Malam Tahun Baru 2014

Hari ini Selasa 31 Desember 2013; di penghujung Tahun 2013 ini dalam rangka menyambut datangnya Tahun Baru 2014 ada baiknya kita merenungkan kembali atau istilah umumnya Introspeksi atau dalam istilah Sufinya “Muhasyabah” yaitu menghisab/menghitung hitung diri kita sendiri.

Merenung atau introspeksi atau Muhasyabah dalam hal melihat apa yang sudah kita lakukan selama tahun 2013 yang akan segera kita tinggalkan, apakah amalan baik (Pahala)  kita masih lebih banyak dari amalan buruk (Dosa) ataukah sebaliknya lebih banyak Dosa/perbuatan buruk yang kita perbuat dibandingkan Pahala/perbuatan baik.

Sebetulnya Muhasabah diri ini tidaklah harus dilaksanakan pada saat akhir tahun baik akhir tahun Masehi maupun Tahun Hijriah; melainkan dapat dilakukan kapan saja dan tidak terbatas oleh moment moment tertentu bahkan kalau mampu hendaknya setiap berlalunya waktu Tahun, Bulan, Hari,Jam, Menit atau bahkan setiap detik kita hendaklah melakukan Muhasabah diri ini.

Saidina Umar Ibni Khattab R.A pernah berkata:

“Perhitungkanlah amalan diri kamu sebelum kamu dihitung oleh Allah, dan timbanglah ia sebelum kamu ditimbang, dan buatlah persediaan untuk hari pengadilan yang Maha Besar (di hari Mahsyar)”.
Dari itu kita harus membuat muhasabah, membuat perhitungan terhadap diri kita, terhadap amalan-amalan keagamaan yang dikerjakan selama ini baik untuk diri sendiri ataupun untuk masyarakat. Adakah ketika dilaksanakan benar-benar sesuai dan sah sebagaimana yang dituntut oleh syara’? Apakah khidmat yang kita berikan sebagai amalan kebajikan kepada sesuatu pihak benar-benar ikhlas untuk Allah atau telah bercampur dengan tujuan urusan keduniaan? Ataupun telah dilaksanakan mengikuti hawa nafsu dan pemahaman kita sendiri sehingga ia menyimpang dari kehendak syara’ dan sunnah Rasul-Nya? Inilah yang perlu kita muhasabahkan. Inilah yang harus kita instrospeksi.
Dalam membuat muhasabah ini yang pertama sekali diperhitungkan adalah perimbangan di antara amal soleh dengan perbuatan maksiat. Dalam setiap hari dan bulan berganti tahun yang telah berlalu itu – apakah amal kebajikan dan taqwa yang lebih banyak dikerjakan atau sebaliknya? Jika amal kebaikanlah yang lebih banyak maka bersyukurlah kepada Allah serta berusahalah untuk meningkatkan lagi amal saleh kita. Sekiranya yang lebih banyak adalah perbuatan maksiat dan perbuatan dosa, maka menyesallah dan segeralah memohon ampun kepada Allah serta bertaubat, mudah-mudahan diampunkan Allah dosa-dosa kita.
Dosa dan kesalahan adalah ciri-ciri kelemahan manusia yang hakiki, sedangkan keampunan Ilahi membasmi dosa-dosa dan mengatasi kelemahan itu. Kalau seseorang itu mau insaf dan segera bertaubat insya Allah akan diampunkan dosa-dosanya. Maka bertaubatlah kepada Allah dengan taubat nasuhah mudah-mudahan Allah akan menghapuskan segala dosa-dosa kita dan jadikanlah amal ibadh dan zikir harian kita itu adalah beristighfar kepada Allah dalam  arti memohon pengampunan tiap hari semoga dosa-dosa harian kita diampuniNya.

Terlepas dari pro kontra/halal/haram/sunnah/bid’ah tentang Muhasabah diri akhir tahun ini  sekelumitinfo melihat jauh lebih bermanfaat melaksanakan Muhasabah diri dibandingkan dengan acara menyambut tahun baru dengan pesta ataupun hingar bingar musik keras atau bahkan dengan menggelar pesta “S3X” jadi menurut pendapat sekelumitinfo biarkanlah YANG MAHA MEMPUNYAI WEWENANG memutuskan amalan tersebut tergolong dalam Sunnah/Bid’ah.

Namun Sekelumitinfo mengingatkan kembali bahwa hendaknya kalau mampu setiap berlalunya waktu Tahun, Bulan, Hari,Jam, Menit atau bahkan setiap detik kita hendaklah melakukan Muhasabah diri ini.

Wallahua’llam

Tentang vidona

Like,s Korean Love Indonesian News Update religius
Pos ini dipublikasikan di aneka, berita, Celebrities, Hobby, idul adha 1432 /2011, info, kiamat, News, Phenomenal, religius, Religus Tips, SMS gaul, sms lucu, tips dan tag , , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Malam Tahun Baru 2014

  1. vidona berkata:

    Reblogged this on All In One SEMUANYA ADA DISINI and commented:

    Tidak terasa tahun 2014 beberapa hari lagi sudah akan kita tinggalkan dan di penghujung tahun sebagaiman biasanya didahului dengan perayaan hari Natal pada Tanggal 25 Desember 2014 dan tentunya perayaan Menyambut Tahun Baru 2015 nanti yang semoga akan membawa Aura Negara Indonesia yang sama sam kita cintai ini menjadi makin bersinar apalagi dengan telah terpilihnya Presiden Baru “Bpk Jokowidodo” yang berhasil Terpilih menjadi Presiden Republik Indonesia yang ke-17 setelah melalui Pemilihan Presiden di Penghujung Tahun 2014 atau tepatnya bulan September yang telah lalu; walaupun disana sini masih penuh dengan Pro-Kontra baik di Parlemen maupun dalam Kabinet yang telah tersusun. Berikut adalah Aneka Ucapan SMS Kartu Gambar Animasi Bergerak DP BBM dari sekelumitinfo yang dapat digunakan dalam rangka menyambut Tahun Baru Natal 2014 dan Tahun Baru 2015 ini; Semoga Bermanfaat

Komentar ditutup.