Aneka Info Tentang Agama Baha’i


Sekelumitinfo Update Aneka Info Tentang Agama Baha’i

Apa Agama Baha’i ??

Info terkini yang sedang menjadi Berita Hangat di Indonesia adalah tentang Agama Baha’i.

Agama Baha’i itu apa sih sebenarnya?

Agama Baha’i seperti dirangkum dari berbagai sumber, muncul di Iran pada abad 19, tepatnya tahun 1863. Pendirinya Baha’u’llah  yang wafat pada tahun 1892 di Bahji . Agama yang dibawa Baha’u’llah ini terus berkembang hingga penganutnya mencapai enam juta orang di awa abad 21. Para penganut agama ini tersebar di 237 negara di dunia.

Dalam ajaran Baha’i, seperti dikutip dari Wikipedia, agama dipandang sebagai suatu proses pendidikan bagi umat manusia melalui para utusan Tuhan, yang disebut para “Perwujudan Tuhan”. Baha’u’llah dianggap sebagai Perwujudan Tuhan yang terbaru. Dia mengaku sebagai pendidik Ilahi yang telah dijanjikan bagi semua umat dan yang dinubuatkan dalam agama Kristen, Islam, Buddha, dan agama-agama lainnya.

Dia menyatakan bahwa misinya adalah untuk meletakkan pondasi bagi persatuan seluruh dunia, serta memulai suatu zaman perdamaian dan keadilan, yang dipercayai umat Baha’i pasti akan datang.

Dalam pandangan Baha’i, agama memiliki dua aspek, yaitu aspek hakiki dan aspek sementara. Aspek hakiki adalah ajaran-ajaran kerohanian yang tidak berubah, sedangkan aspek sementara adalah peraturan-peraturan yang diberikan sesuai dengan keperluan zamannya.

Simbol Bintang Baha'i "kok kaya Israel'i yaa

Simbol Bintang Baha’i
“kok kaya Israel’i yaa

Kenapa Masalah Agama Baha’i  mendadak jadi perhatian ??

Gedung Baha'i Indonesia

Gedung Baha’i Indonesia

Permasalahan Agama Baha’i ini muncul menjadi topik hangat berkenaan dengan Tweet Kicauan Menag Lukman Hakim Syaifuddin terkait pengakuan pemerintah terhadap Baha’i sebagai agama baru di Indonesia kronologi kicauan ini terkait  setelah Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi mengirimkan surat yang mempertanyaan perihal Baha’i ini.

Berikut Kronologi Rentetan Aneka Kicauan/Tweet Menag terkait Agama Baha’i

 

“1. Awalnya Mendagri bersurat, apakah Baha’i memang benar merupakan salah saru agama yg dipeluk penduduk Indonesia? #Baha’i.”

“2. Pertanyaan ke Menag itu muncul terkait keperluan Kemendagri memiliki dasar dlm memberi pelayanan administrasi kependudukan. #Baha’i”

“3. Selaku Menag saya menjawab, Baha’i merupakan agama dari sekian banyak agama yg berkembang di lebih dari 20 negara. #Baha’i”

“4. Baha’i adalah suatu agama, bukan aliran dari suatu agama. Pemeluknya tersebar di Indonesia

“6. Saya menyatakan bahwa Baha’i adalah termasuk agama yg dilindungi konstitusi sesuai Pasal 28E dan Pasal 29 UUD 1945. #Baha’i”

“7. Berdasar UU 1/PNPS/1965 dinyatakan agama Baha’i merupakan agama di luar Islam, Kristen, Katholik, Hindu, Budha, dan Khonghucu.. #Baha’i” “8. … yg mendapat jaminan dari negara dan dibiarkan adanya sepanjang tidak melanggar ketentuan peraturan perundang-undangan. #Baha’i”

“9. Saya berpendapat umat Baha’i sebagai warganegara Indonesia berhak mendapat pelayanan kependudukan

Semoga Saja Pernyataan MENAG melalui KICAUAN/TWEETnya ini adalah benar hanya terkait dengan pertanyaan Tentang Hak Mendapatkan Pelayanan Kependudukan dan Bukan berarti Mengesahkan #BAHA’I sebagai salah satu Agama.

Tentang vidona

Like,s Korean Love Indonesian News Update religius
Pos ini dipublikasikan di aneka, berita, info, News, religius, Religus Tips dan tag , , , , , , . Tandai permalink.