Unieqnya Prosesi Pernikahan Manusia dan Peri


Unieqnya Prosesi Pernikahan Manusia dan Peri

Sepertinya dunia ini memang sudah semakin tua saja beredar khabar dan photo prosesi pernikahan Bagus Kodok dengan Peri (mahluk Halus) yang dijadikan semacam kegiatan seni melihatkan seniman tentunya baik dari alam nyata maupun alam Ghaib.

Acara pernikahan diawali pada Selasa (7/10/2014) malam dengan prosesi midodareni. Pada hari Rabu ini, prosesi pernikahan akan dibuka dengan siraman pada pukul 16.00, lalu dilanjutkan dengan prosesi dodol dawet (menjual dawet), atur pasrah temanten kakung dan temanten putri, lalu diakhiri dengan bedhol manten.

“Acara perkawinan ini tidak akan menggunakan lampu listrik, tetapi oncor dan lampu sentir,” ujar Bramantyo, seniman yang mengkreasi pernikahan Bagus Kodok dengan Peri Roro Setyowati, saat ditemui di lokasi, Rabu.

“Bagi saya, pernikahan ini yo pesta budaya saja,” ujar Jemek Supardi saat ditemui di lokasi pernikahan Bagus Kodok Ibnu Sukodok di Ngawi, Rabu (8/10/2014) malam.

Jemek menjelaskan, pernikahan Kodok—panggilan Kodok Ibnu Sukodok—menjadi pesta budaya karena sebenarnya tidak mungkin atau tidak lazim. Namun, karena ketidakmungkinan itu menjadi nyata ketika dikemas dalam wujud budaya pernikahan adat Jawa. “Namanya ada orang percaya ya enggak apa-apa. Itukan patut kita hargai,” tegasnya.

Apalagi, meski tidak bisa dilihat dengan mata, tetapi acara pernikahan Eko Kodok dengan Roro Setyowati yang dikemas oleh Bramantyo dengan bentuk seni kejadian mampu menyerap ribuan penonton. “Unsur budayanya oke, bisa menyerap banyak penonton. Tapi ini kan absurd, konsep imajinasi, jadi ya tidak bisa ditonton dengan kasat mata,” ucap dia.

 

Iklan

Tentang vidona

Like,s Korean Love Indonesian News Update religius
Pos ini dipublikasikan di aneka, berita, info, kiamat, News, Pariwisata, Phenomenal dan tag , , , , , , . Tandai permalink.