Aneka Berita Peringatan Hari Kebangkitan Nasional 2016


Aneka Berita Peringatan Hari Kebangkitan Nasional 2016

Setiap tanggal 20 Mei, bangsa kita memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas), hari yang menjadi momentum perjuangan seluruh rakyat 1ndonesia yang ditandai dengan kelahiran organisasi Budi Oetomo pada tahun 1908. Kebangkitan nasional merupakan bangkitnya semangat nasionalisme, persatuan, kesatuan dan kesadaran sebagai sebuah bangsa untuk memajukan diri melalui gerakan organisasi yang sebelumnya tidak pemah muncul selama penjajahan. Sebuah organisasi yang bergerak di bidang sosial yang menjadi cikal bakal gerakan yang bertujuan untuk mencapai kemerdekaan 1ndonesia. Dokter Wahidin Soedirohoesodo dan dr. Soetomo telah menanamkan konsep perjuangan intelektual melalui pembentukan organisasi untuk membangun kebersamaan dan persatuan antar elemen bangsa. Proses perjuangan mereka yang dilanjutkan oleh para pejuang lain telah menghasilkan lahirnya bangsa besar dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita kenal sekarang ini.

Di Tahun 2016 ini dengan didorong suasana Semangat nasionalisma yang semakin memudar menurut sabahagian orang, apalagi dengan aneka macam bentrok dan kerusuhan yang terjadi baik antar suku, antar warga, antar pendukung parpol, antar kampung, anatar sekolah yang sering terjadi, maka tdaklah terlalu berlebihan semangat untuk menggalakkan kembali Semangat nasionalisme yang dulu dikobarkan oleh para pemuda-pemudi untuk menyatukan gerak langkah yang dipelopori oleh Dr. SOETOMO dengn  BOEDI OETOMO nya.

Tanggal 20 Mei 2016, Bangsa Indonesia kembali untuk memperingati hari dimana pernah terjadi sebuah peristiwa yang amat luar biasa maknanya. Hari dimana para pahlawan bangsa mengalami titik puncak yang menjadi awal kebangkitan rasa nasionalisme, sehingga mampu menggetarkan kekuatan penjajah dan merebut kemerdekaan. Perlu kita sadari dan ketahui bersama, kita tidak akan mengecap sebuah keindahan nuansa kemerdekaan tanpa adanya jerih payah dan perjuangan tokoh bangsa kala itu. Sudah 108 tahun berlalu, langkah-langkah kebangkitan bangsa Indonesia terus maju, hidup, dan berkembang, sehingga dengan globalisasi yang ditandai dengan perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya dibidang informasi, komunikasi, dan transportasi.

Seiring dengan tema penyelenggaraan Hari Kebangkitan Nasional tahun ini. yaitu Mengukir Makna Kebangkitan Nasional dengan Mewujudkan Indonesia yang Bekerja Nyata, Mandiri, dan Berkarakter, diharapkan agar pemaknaan Kebangkitan Nasional lebih difokuskan pada perwujudan kerja nyata dan pembangunan manusia yang berkarakter. Bangaa ini harus kembali pada semangat ke Bhineka Tunggal Ika, semangat Pancasila dan rasa senasib dan sebangsa, kembali pada kepribadian nasionalnya sendisi. Suatu Negara jika ingin kuat dan langgeng harus ditata berdasarkan hukumnya sendiri dan berdiri di atas kepribadian nasionalnya sendiri.

Selama 4 hari dari tanggal 16  – 19 Mei 2016 Para PNS/ASN seluruh Departemen/Kementrian dan Lembaga di instruksikan untuk memakai Baju Bati/Lurik sesuai dengan SURAT EDARAN MENTERI SEKRETARIS NEGARA Nomor B-420/M.Sesneg/Set/TU. 00.04/05/2016. dan puncak Peringatan adalah Upacara Bendera pada Tanggal 20 Mei 2016 di masing masing Instansi/Departemen/Kementrian dan Lembaga.

Adapun Pedoman Pelaksanaan peringatan Hari Kebangkitan Nasional 2016 juga telah diterbitkan di sini

Tentang vidona

Like,s Korean Love Indonesian News Update religius
Pos ini dipublikasikan di aneka, berita, News, Uncategorized. Tandai permalink.

Silahkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s