Pro Kontra Sendal Jepit dan Kaos Oblong Jokowi 2018


Penampilan Jokowi di awal tahun 2018 ini  banyak mendapat perhatian publik tak terkecuali warga internet (internet citizen). Ada yang pro dan ada yang kontra. Soal busana ini pula, saat Pemilu Presiden 2014 lalu, salah satu bahan materi kampanye Jokowi yang disebar ke publik juga soal penampilan yang sederhana dari Jokowi ini. Kala itu, setiap atribut yang dikenakan Jokowi disebutkan besaran harganya. Rerata pakaian dan atribut yang dikenakan Jokowi bernilai harga rakyat kebanyakan.

Citra sederhana yang ditampilkan Jokowi ini, meski menjadi Presiden seolah ingin terus dikelola hingga menghadapi Pemilu 2019 mendatang. Sederhana itu Jokowi, Jokowi itu sederhana. Demikian kesan yang ditangkap publik.

Selain sisi sederhana yang ingin ditampilkan Jokowi, busana kaos yang dikenakan Jokowi juga tampak ingin mendekati generasi millenial. Generasi ini berjumlah hampir 50 persen dalam Pemilu 2019 mendatang. Ceruk suara yang besar untuk memenangi kontestasi politik dalam Pemilu 2019 mendatang.

Sikap sederhana sebenarnya tidak sekadar tampilan di luar melalui atribut yang dikenakan. Dalam konteks pejabat publik sederhana mestinya diwujudkan pada keberpihakan kebijakan kepada khalayak kebanyakan.

Ekspolitasi kesederhanaan bisa saja efektif untuk waktu tertentu. Namun, menjadikan kesederhanaan dalam ruang publik dengan kesan yang tak wajar, menjadi kontraproduktif. Pengajar filsafat UI Rocky Gerung dalam kicauan di Twitter menuliskan, “kesederhanaan yang dipamerkan itu menipu. Kesederhanaan politis,” kicau Rocky dalam akun Twitternya @rockygerung.

Ternyata benar tahun 2018 ini sudah mulai menunjukkan geliat tahun politik, tentunya kita harus benar benar jeli agar tidak tertipu dengan segala propaganda, pencitraan maupun janji janji manis yang kerap diobral murah pada setiap pelaksanaan Pemilihan baik Pemilihan Legislatif maupun excekutif dari pemilihan Kepala Desa, bupati/Walikota, Gubernur sampai dengan pemilihan Presiden/ kepala negara.

 

Tentang vidona

Like,s Korean Love Indonesian News Update religius
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Silahkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s